Target 6.000 Rumah Baru Tercapai 50 Persen

REI Sumbar Minta Pemda Permudah Perizinan


Kamis, 07 April 2016 - 03:06:08 WIB

PADANG, HALUAN – Dari target 6.000 unit rumah subsidi di Sumbar yang merupakan bagian target 1 juta rumah subsidi dari pemerintah pusat, baru 50 persen yang terealisasi.

“Sekitar 3.000 unit rumah di Sumbar yang baru diba­ngun. Daerah yang paling banyak dibangun rumah ter­sebut adalah di Pasaman Ba­rat, Kabupaten Solok, dan Dharmasraya. Di Padang, sedikit rumah yang baru diba­ngun karena harga tanah di Padang mahal,” kata Hendra Gunawan, Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Wila­yah Sumbar kepada Haluan di Padang, Rabu (6/4).

Menurut Hendra Guna­wan, masih jauhnya realisasi dari target tersebut karena pengembang perumahan baru mulai membangun sebab baru selesai akad kredit dengan konsumen. Biasanya, pada bulan 8 hingga 10, akan terea­lisasi 80 persen.

Ia mengungkapkan, masa­lah pembangunan rumah sub­sidi di Sumbar selama ini adalah perizinan dan lahan. Ia membeberkan, perizinan yang diajukan pengembang pe­rumahan kepada dinas terkait prosesnya lama.

Sementara masalah lahan, khusus untuk kawasan per­kotaan seperti Padang, ada beberapa malasah. Pertama, sulit mencari lahan yang mu­rah di Padang. Padahal, untuk rumah subsidi, lahannya harus murah. Kalau tidak, pe­ngem­bang perumahan tidak men­dapatkan keuntungan.

Kedua, lahan terkendala Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Kadang ada lahan m­u­rah, tapi berada di lahan RT­RW,” sebut Hendra Guna­wan. Ia melihat, belum ada peruntukan lahan untuk peru­mahan bersubsidi di Padang oleh pemerintah kota. Kalau ada, pembebasan lahan terse­but bisa bersama-sama, se­hing­ga harganya bisa murah.

Kepada pemerintah da­erah di Sumbar, baik provinsi maupun kabupaten/kota, pi­hak­nya berharap pemda men­dukung deregulasi pe­me­rintah pusat yang memangkas ba­nyak aturan untuk men­capai target 1 juta unit rumah pada tahun ini.

Selama ini pihaknya telah berupaya untuk mewujudkan target tersebut. Salah satu upaya tersebut adalah men­jalin komunikasi dengan pem­da provinsi dan kabupaten/kota, agar pemda menyo­sia­lisasi kepada PNS di pemda bersangkutan, bahwa ada pe­ru­mahan bersubsidi dari pe­merintah untuk PNS, de­ngan beberapa dana tam­ba­han dari PUPR dan Baper­ta­rum.

Pihaknya juga melak­sana­kan penandatanganan nota kesepahaman dengan pemda untuk sosialisasi tersebut, karena masih ada PNS yang belum tahu ada program ru­mah subisidi untuk PNS.

“Kami tidak tahu program seperti ini masih ada tahun depan. Oleh karena itu, PNS yang belum memiliki rumah sebaiknya memanfaatkan ke­sem­patan ini,” imbuh Hendra Gunawan. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 07 November 2016 - 00:38:44 WIB

    10 Ton Bawang Prei Sungai Puar ‘Diekspor’ Tiap Hari

    10 Ton Bawang Prei Sungai Puar ‘Diekspor’ Tiap Hari AGAM, HALUAN — Sayuran produk masyarakat petani Kecamatan Sungai Puar dan Banuhampu telah merambah pasar-pasar di luar Sumatra Barat, bahkan sampai ke Jakarta dan Batam. Saat ini jenis sayuran yang paling diminta pasar adal.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:17:49 WIB

    REI Sumbar Targetkan Bangun 6.000 Unit Tahun Ini

    PADANG, HALUAN — Persatuan Perusa­haan Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Barat menargetkan membangun 6.000 unit rumah murah, guna memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat kelas menengah ke bawah tahun ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]