Edi: Jika Terlibat, Sipir Dipecat

Narkoba Beredar di Rutan Lubuk Sikaping


Kamis, 07 April 2016 - 03:25:14 WIB
Narkoba Beredar di  Rutan  Lubuk Sikaping

PASAMAN, HALUAN — Pengawasan rumah tahanan (Rutan) kelas 2 B Lubuksikaping ren­dah. Peredaran narkotika di lingkup penam­pungan napi itu terbongkar. Dua orang napi  mengkonsumsi sabu-sabu, Senin (4/4) kemarin. Selain itu, pihak rutan bersama gabungan Polres Pasaman mengadakan tes urine, dan juga ditemukan satu warga binaan positif narkotika.

Temuan-temuan ini men­g­un­gkap fakta, rutan kelas 2B Lubuksikaping tidak bersih dari peredaran narkotika, di sisi lain tentu saja pengawasan sipir yang lemah terhadap pengunjung napi. Ketiga war­ga binaan yang positif nar­kotika Mansurah, dan dua warga binaan lainnya yang ditemukan sedang konsumsi sabu-sabu, adalah narapidana dalam kasus narkotika juga.

Terkait fakta terjangkitnya rutan kelas 2B Lubuksikaping oleh peredaran narkotika, Karutan Edi Kasman malah mencurigai petugas penjagaan (sipir) terkait ditemukannya dua orang warga binaan se­dang mengkonsumsi sabu di dalam ruang tahanan. “Saya memang mencurigai petugas, tapi belum bisa membuktikan. Namun yakinlah orang yang bersalah pasti akan terungkap nantinya,” ujar Kepala Rutan Lubuk Sikaping, Edi Kasman.

Menurutnya, sesuai in­truk­si Menkumham RI, siapa saja petugas dibawah Ke­men­kum­ham yang terlibat dalam pere­daran narkoba baik di dalam rutan maupun di luar, kalau terbukti akan dipecat. “Ini intruksi yang tegas, sebab kita saat ini sedang disorot oleh publik terkait narkoba di Rutan atau Lapas” sebut Edi Kasman.

Seiring dengan itu, ia me­ng­­harapkan kepada Sat­nar­koba Polres Pasaman agar mela­kukan penyelidikan sa­m­­pai tuntas terkait dengan penang­ka­pan dua orang nara­pidana yang meng­konsumsi sabu di dalam tahanan.

Tidak hanya petugas rutan yang patut dicurigai, tetapi Karutan Edi Kasman, men­yebut bahwa adanya bantuan dari keluarga atau tamu nara­pidana dalam kasus narkoba ini juga bisa saja terjadi. Apa­lagi, selain narkoba, tersangka tertangkap pula menggunakan telepon gengam di dalam tahanan. (h/col)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]