Pilkada Jilid II

Pemprov Sumbar Tunggu Arahan Mendagri dan KPU


Kamis, 07 April 2016 - 03:31:05 WIB

PADANG, HALUAN — Hingga saat ini belum ada keputusan dari Kemendagri dan KPU kabupaten/kota mana saja yang akan menjadi peserta Pilkada serentak gelombang kedua yang dilaksanakan pada 2017.

Sebab, jika mengacu pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 2014, kemungkinan hanya Mentawai dan Paya­kumbuh yang akan me­ngikuti Pilkada serentak yang tahapannya dimulai pada Februari 2017 nanti.

“Kami masih menunggu  arahan dari Kemendagri dan KPU, sebab saat ini DPR kembali membahas UU Pilkada tersebut. Jika memang tak ada perubahan, ada dua daerah di Sumbar yang ikut Pilkada serentak gelombang II tahun 2017 ini,” sebut Kepala Biro Pemerintahan Sekdaprov Sumbar, Mardi, Rabu (6/4).

Namun jika terjadi peru­bahan pada UU Pilkada sesuai dengan pembahasan yang dilakukan di DPR saat ini, kata Mardi, akan ada 5 kabupaten/kota di Sumbar yang akan mengikuti Pil­kada serentak tersebut, yak­ni Payakumbuh,  Men­ta­wai, Sawahlunto, Pa­ria­man dan Padang Panjang. Kalau kepala daerah yang masa jabatannya berakhirnya pa­da 2018 itu dipercepat un­tuk mengikuti Pilkada di tahun 2017.

“Kalau memang seperti itu, Pemprov Sumbar hanya akan menyiapkan satu pen­jabat (Pj) kepala daerah untuk Mentawai, sebab ha­nya kabupaten itu yang masa jabatan pasangan bupatinya berakhir pada November 2016, sementara kepala daerah Payakumbuh ber­akhir pada 2017, dan kepala daerah kabupaten/kota lain berakhirnya pada 2018,” terangnya.

Ia menjelaskan, satu Pj diusulkan karena sesuai dengan aturannya kepala daerah yang masa ja­ba­tan­nya berakhir pada tahun 2016, dan  untuk yang ber­akhir tahun 2017 dan 2018 hanya perlu cuti selama kampanye, atau cuti selama tahapan kampanye dilak­sanakan.

“Yang jelas kami masih menunggu keputusan dari Kemendagri dan KPU ten­tang peraturan Pilkada nan­tinya. Setelah itu baru dapat dirancang pejabat yang di­usul­kan untuk men­jadi Pj ke­pala daerah,” pung­kas­nya. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 06:05:41 WIB

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menutup sementara jalur penerbangan Internasional sebagai upaya pencegahan Covid-19..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 18:14:04 WIB

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar Pemprov Sumbar bakal mengembangkan pelabuhan Muaro Batang Arau menjadi ikon baru untuk menarik wisatawan dan menggairahkan roda perekonomian masyarakat. Pelabuhan yang merupakan jalur transit dari Eropa ke Jawa itu bakal disu.
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 02:30:51 WIB
    SOAL MEGATHRUST

    BMKG Ingatkan Pemprov

    BMKG Ingatkan Pemprov PADANG, HALUAN — Ancaman gempa dahsyat belum surut di Sumbar mengingat potensi Megathrust Mentawai masih harus disikapi oleh Pemprov Sumbar.  Melihat kondisi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  meng.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]