Sumbar Harus Nihil Banjir Bandang


Kamis, 07 April 2016 - 03:31:20 WIB

PADANG, HALUAN—Banjir bandang selama ini di Sumbar secara periode terjadi dua tahun sekali atau empat tahun sekali. Ke depan banjir bandang ini diharapkan tidak terjadi lagi, kalau perlu Sumbar nihil banjir bandang.

Tidak hanya itu saja, untuk meng­hindari banjir bandang provinsi akan melakukan MoU dengan kabupaten dan kota se Sumbar. Hal ini disam­paikan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai rapat dengan bupati dan walikota se Sumbar di kediamannya Rabu (6/4) kemarin. Dalam rapat tersebut dibahas bagaimana pen­cegahan banjir bandang.

Sebelumnya banjir badang sudah sering terjadi di kabupaten dan kota di Sumbar, antara lain di Solok Selatan, Pasaman, Pangkalan, Limapuluh Kota. Bencana yang cukup mengancam jiwa dan meng­hancurkan infrastruktur tersebut terjadi di tahun 2016 ini.

“Penyebabkan banjir bandang ada­lah menumpuknya material di sungai seperti batu, kayu sehingga ketika hujan datang dibawa oleh lidah air, sehingga menerjang perumahan, jembatan hing­ga jalan,”kata Irwan Prayinto.

Selain itu, banjir bandang menye­babkan terputusnya jalan dan jembatan di beberapa wilayah sehingga arus kendaraan dan orang terhambat dan di beberapa tempat ada penduduk yang terkurung akibat ketiadaan akses.

 ”Banyaknya infrastruktur yang rusak selain rumah dan sawah pen­duduk, diakibatkan banjir bandang yang datang mendadak dengan kece­patan tinggi,”tutur Irwan lagi.

Kronologis munculnya banjir ban­dang diawali dengan hujan deras yang terus menerus di daerah hulu sungai. Selain itu, bendungan alami di hulu sungai yang terbentuk dari batu-batuan gunung, tanah dan pohon-pohon kayu sudah tak kuat lagi menampung air yang ada sehingga bobol dan muncul lidah air.

Demikian pula longsor yang dise­babkan hujan deras terus menerus. Wilayah Sumbar yang penuh dengan bukit, gunung dan sering terjadi gempa menye­babkan kondisi tanah di be­berapa wilayah cenderung labil dan mudah longsor.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]