Ranperda Penggunaan Fasum Disiapkan

Badan Jalan Dilarang untuk Pesta


Kamis, 07 April 2016 - 03:32:08 WIB

PADANG,HALUAN — DPRD Padang tengah me­nyiapkan Ranperda peng­gunaan Fasilitas umum. Salah satu yang diatur dalam Perda ke depan adalah pelarangan pemakaian fasilitas jalan yang ada di Kota Padang untuk kegiatan pesta.

“Perda ini akan disusun melihat banyaknya keluhan masyarakat yang merasa ter­ganggu dengan kegiatan pesta yang menggunakan badan jalan,” papar Ketua Balegda DPRD Padang, Faisal Nasir pada Haluan, Rabu (6/4).

Dikatakan Faisal saat ini naskah akademik Ranperda telah disiapkan. Memasuki masa sidang kedua yang akan dimulai Mei pembahasan akan mulai dilakukan.

Ke depan, kata dia Perda akan mengatur sangsi bagi mereka yang masih meng­gunakan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi.

Ia juga menegaskan, ken­dati DPRD menyusun Perda yang berkaitan dengan pela­rangan masyarakat meng­gunakan jalan untuk kegiatan pesta, sejumlah solusi juga akan dicarikan.

Diantaranya DPRD akan mendorong Pemko untuk men­dirikan gedung serba guna yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Baik itu untuk acara pesta atau kegiatan lainnya.

Keberadaan gedung serba guna akan diupayakan bisa meringankan masyarakat.

“Misal jika ada masya­rakat yang ingin menggu­nakan, biaya yang akan  dibe­bankan hanyalah dalam ben­tuk uang kebersihan saja,” jelas dia.

Lebih lanjut ia menu­tur­kan, agar Perda benar-benar menga­komodir kepentingan masya­rakat, masukan dari sejumlah pihak akan dimintai DPRD.

Pada prinsipnya, DPRD tak ingin masyarakat merasa dirugikan dengan keberadaan Perda ini nanti.

“Kita akan ambil masukan dari semua pihak terkait. Karena akan berhubungan erat dengan kepentingan ma­syarakat, kita prioritaskan aturan bisa tuntas dibahas pada masa sidang ke dua mendatang,” ulasnya.

Kemudian, agar tak hanya menjadi aturan mandul yang tidak bisa diterapkan masalah Perwako dari Perda akan jadi perhatian. Saat telah disahkan, DP­RD akan mendorong Pem­ko Padang me­nyegerakan Perwako untuk Perda. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Januari 2018 - 02:34:36 WIB
    PKL DIPINDAHKAN KE GEDUNG INPRES

    Trotoar dan Badan Jalan Dikosongkan

    Trotoar dan Badan Jalan Dikosongkan PADANG, HALUAN - Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Raya Padang ditertibkan petugas gabungan yang berasal dari Dinas Pedagangan, Satpol PP dan SK4, Sabtu (20/1) pukul 08.30 WIB. .
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 11:45:43 WIB

    Yendril Ketua Badan Kehormatan DPRD Padang

    Yendril Ketua Badan Kehormatan DPRD Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--- Pergantian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Kota Padang pada Senin (15/1) kemarin, hanya Fraksi PKS dan PAN tidak dapat jatah pimpinan di AKD..
  • Rabu, 11 Oktober 2017 - 10:58:17 WIB

    Parkir di Badan Jalan, Belasan Truk Digemboskan dan Diderek

    Parkir di Badan Jalan, Belasan Truk Digemboskan dan Diderek PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Perhubungan Kota Padang kembali menggemboskan belasan truk yang sedang terparkir dibadan Jalan By pass tepatnya di Kecamatan Lubuk Begalung..
  • Rabu, 26 April 2017 - 01:56:48 WIB

    Pria Berbadan Tambun Dipelasah Warga

    Pria Berbadan Tambun Dipelasah Warga PADANG, HALUAN - Siang itu, Selasa (25/4) sekitar pukul 13.00 WIB, Defrizal (35) harus merasakan pukulan massa yang beringas akibat aksi nekadnya yang mencuri di sebuah rumah di kawasan Simpang Beton RT 01 RW 04 Kelurahan Pas.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:41:02 WIB

    Badan Perpustakaan Serahkan Penghargaan Literasi

    PADANG, HALUAN — Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat menyerahkan penghargaan literasi untuk lem­baga serta perorangan dengan berbagai jenis kategori..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]