Jelang MNEK 2016

Persiapan Sudah 95 Persen


Kamis, 07 April 2016 - 03:45:44 WIB
Persiapan Sudah 95 Persen SEKDAKO Nasir Ahmad bersama pejabat terkait memeriksa persiapan Kota Padang sebagai tuan rumah Komodo 2016. (YANSEN)

PADANG, HALUAN — Per­­­siapan Pemko Padang dan Lantamal II Teluk Ba­yur untuk  menyukseskan agenda internasional Multi­lateral Naval Exercise Ko­modo (MNEK) 2016, sudah 95%. Lokasi penye­leng­garaan iven ini diantaranya Teluk Bayur, Pantai Muaro Lasak, Danau Cimpago, dan lainnya.

“Jika kita lihat di setiap lokasi pelaksanaan MNEK 2016, kesiapannya sudah 95 persen,” ungkap Sekda Kota Padang Nasir Ahmad, di Pantai Muaro Lasak, Rabu (6/4) didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pa­ri­wisata Kota Padang, Medi Iswandi.

Sementara itu, Wakil Ko­­mandan Lantamal II, Ko­­lonel Laut, Widhy me­nye­­­but, MNEK 2016 akan di­­helat 10-14 April men­da­­tang. Se­banyak 37 ne­ga­ra am­bil bagian pada ke­gia­tan ini dan meng­ha­dirkan 30 je­nis ka­pal. Pada satu kapal ter­dapat 150 Anak Buah Ka­­pal (ABK). Lalu, 28 unit Ka­pal Re­publik Indonesia (KRI) juga ikut mera­mai­kan­­nya.

“Namun, tidak seluruh kapal peserta yang dapat merapat ke pinggir dermaga Teluk Bayur. Hal ini dika­renakan kondisi kapal yang cu­kup besar. Jadi seluruh kapal hanya akan berada di tengah laut,” katanya.

Kegiatan MNEK 2016 ini, juga akan berdampak terhadap peningkatan pere­konomian masyarakat Kota Padang khususnya dan Su­matera Barat pada umum­nya. Untuk itu, masyarakat hendaknya dapat menye­marakkan kegiatan ini.

“Kita memperkenalkan Kota Padang di mata Inter­nasional. Selain itu kita juga punya kegiatan kirab kota yang akan dihadiri para taruna. Termasuk kegiatan lain, yakni open ship bagi kapal KRI Dewa Ruci yang terbuka untuk umum. Ma­syarakat disilahkan untuk datang melihat kegiatan ini,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pembukaan kegiatan Multi­lateral Naval Excersise Ko­mo­do 2016 dilaksanakan di Mako Lantamal II Teluk Bayur Padang pada 12 April mendatang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Kemudian pre­siden melakukan inspeksi semua kapal-kapal peserta serta melakukan peresmian monumen Perdamaian Mer­­pati di objek wisata Muaro Lasak. (h/mg-ysn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Juni 2020 - 08:43:04 WIB

    DPRD Padang: Pemko Harus Punya Persiapan Matang Sebelum Izinkan Aktivitas Belajar di Kelas

    DPRD Padang: Pemko Harus Punya Persiapan Matang Sebelum Izinkan Aktivitas Belajar di Kelas HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang memperhatikan sektor pendidikan jika ingin menerapkan New Normal atau tatanan kehidupan baru normal di masa Covid-19. .
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 18:10:07 WIB

    Wagub Cek Persiapan, Kota Padang Bakal Helat Penas KTNA XVI

    Wagub Cek Persiapan, Kota Padang Bakal Helat Penas KTNA XVI PADANG, HARIANHALUAN.COM-Dengan didampingi Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memimpin langsung rapat Perkembangan Persiapan Penas KTNA XVI di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 11:18:43 WIB
    KORDINASI DITINGKATKAN

    Persiapan Haji Sudah 80 Persen

    PADANG, HALUAN — Per­siapan keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) di Provinsi Sumbar sudah mencapai 80 persen. Meski jadwal kebe­rang­katan masih beberapa hari lagi, kordinasi antara lembaga dan instansi terus dilakukan .
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 12:10:35 WIB

    Persiapan Jamnas Sudah Final

    Persiapan  Jamnas Sudah Final PADANG, HA­LUAN — Gerakan Pra­muka Kwarda 03 Sumbar siap be­rang­kat ke bumi per­ke­mahan pada ha­jatan Jambore Na­ional (Jam­nas) X di Cibu­bur, Jakarta. Alek besar gerakan ke­pan­duan ini, diikuti sekitar 25.0.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 07:16:24 WIB

    Persiapan Haji Hampir Rampung

    Persiapan Haji Hampir Rampung PADANG, HALUAN — Persiapan pe­nyelenggaraan haji di Embarkasi Padang untuk tahun ini hampir rampung. Untuk pemeriksaan kesehatan jemaah sudah mulai dilakukan dan tinggal vaksin meningitis aja yang belum. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]