Tinjauan UN ke Tanah Datar

Hendra Dukung UN Berbasis Komputer di Sumbar


Kamis, 07 April 2016 - 03:56:00 WIB
Hendra Dukung UN Berbasis Komputer di Sumbar KETUA DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim berbincang dengan siswa SMK N 1 Batusangkar sebelum UN BK sesi kedua dimulai. Hendra menanyakan terkait kendala selama UN BK yang dihadapi para siswa Rabu, (6/4). (ISRA)

PADANG, HALUAN — De­wan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumbar berharap tahun depan semua Sekolah Menengah Atas dan Keju­ruan (SMA/SMK) tahun 2017 semuanya telah Ujian Nasional (UN) berbasis komputer. DPRD menilai dengan sistem UN BK yang diterapkan tahun ini sangat efisien dan memudahkan peserta UN.

Hal ini diungkapkan Ke­tua DPRD Sumbar, Hen­dra Irwan Rahim saat tin­jauan UN ke Kabupaten Tanah Datar Rabu, (6/4). Dalam tinjauan kali ini Hendra Irwan Rahim tidak sendiri, kunjungan kali ini Ia didampingi Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Wakil Bu­pati Tanah Datar Zuldafri Darma, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sum­bar, Syamsulrizal, Ketua UN Sumbar Nasmeri dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar, Indra Kusuma, mengunjungi tiga sekolah mene­ngah atas di Tanah Datar.

Sekolah pertama yang dising­gahi Ketua DPRD dan rombo­ngan, MAN 2 Batusangkar. Se­lain menyaksikan langsung para siswa melaksanakan UN, Hen­dra_panggilan akrabnya, juga berbincang dengan pihak sekolah terkait dengan keinginan untuk menggelar UN BK tahun depan.

Kepala MAN 2 Batusangkar, Yuliasman dalam kesempatan itu menyebutkan, hingga saat ini 291 siswa-nya masih melaksanakan UN dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Namun, ia berharap tahun depan sekolahnya sudah bisa melaksanakan UN berbasis komputer.

“Secara keseluruhan dari hari pertama hingga hari terakhir UN untuk pelaksanaan UN berjalan dengan lancar. Hanya saja tahun depan kami sangat berharap sudah ikut UN berbasis kom­puter. Namun, peralatan yang ada saat ini masih belum mencu­kupi,” katanya.

Rombongan lantas menuju SMA N 1 Sungayang yang dim­pinpin Zahrine. Saat ini 176 orang siswanya masih mengikuti UN tertulis, karena masih belum terakomodir untuk melakukan UN BK. Saat ini di SMA N 1 Sungayang baru ada 15 komputer yang bisa digunakan.

“Kalau dapat memang ada bantuan komputer untuk sekolah kami, agar tahun depan kami juga bisa melaksanakan UN BK seper­ti  sekolah lainnya,” ujar Zahrine.

Berbeda dengan MAN 2 Batu­sangkar dan SMA N 1 Su­ngayang, SMK N 1 Batusangkar merupakan satu-satunya di Tanah Datar yang menggelar UN BK. Sebanyak 192 siswa ikut ambil bagian dalam UN BK tahun 2016 ini.

“Sejauh ini tidak ada kendala, semua berjalan dengan baik dan untuk pasokan listrik aman. Diharapkan ke depan memang ada perhatian lebih dari peme­rintah terutama dalam menam­bah jumlah komputer sehingga UN yang saat ini tiga sesi, tahun depan sudah dua sesi,” ungkap Kepala SMK N 1 Batusangkar Syahfren.

Menanggapi kondisi ini, Hen­dra Irwan Rahim menuturkan, UN berbasis komputer ini seper­tinya sangat mudah dan sangat efisien baik dari segi waktu dan juga hemat dibanding dengan UN yang masih dengan ujian tulis. DPRD Sumbar akan meng­ako­modir terakait permintaan seko­lah untuk melakukan UN BK serentak tahun depan.

“Kita akan kaji hal ini ber­sama dengan provinsi, apalagi tahun depan SMA/SMK sudah menajadi kewenangan provinsi,” ujar po­litisi dari partai Golkar ini disela tinjauan UN ke Kabupaten Tanah Datar Rabu, (6/4) ke­marin.

Ditambahkannya, Ia siap membantu pihak sekolah yang ingin menggelar UN BK tahun depan namun belum mempunyai kemampuan seperti dalam pe­ngadaan komputer. “Kita siap membantu, apakah nanti akan 50 : 50, yang penting kita inginkan semuanya bisa UN BK tahun depan. Yang terpenting jaga kekompakan,” paparnya.

Terkait dengan kunci jawaban yang sempat beredar kata Hendra itu hanya lah isu. Karena selama pantauan yang dilakukannya tidak pernah ditemukan kunci jawaban. “Tidak itu yang  nama­nya kunci jawaban, itu hanya isu yang menyesatkan,” ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Disdi Sumbar, Syamsulrizal saat ini di Sumbar baru 35 persen sekolah yang menggelar UN BK. Dari 303 SMA baru empat sekolah yang menggelar UN BK tahun ini. “Sementara untuk SMK dari 165 baru 41 SMK yang melaksanakan UN BK,” ungkapnya. (h/isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]