13 Kapal Asing Diproses di Batam


Jumat, 08 April 2016 - 03:05:00 WIB

BATAM, HALUAN—Satuan Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Peri­ka­nan  Batam sejak awal 2016 menahan 13 kapal yang mela­kukan pencurian ikan di per­airan Kepulauan Riau yang kni sedang dalam proses.

Kepala Satker PSDKP Batam Akhmadon usai pe­nenggelaman lima kapal asing di Batam, kemarin menga­takan, kasus hukum terhadap anak buah kapal dan kapal yang digunakan untuk men­curi ikan itu masih ditangani oleh Kejaksaan Negeri Ba­tam.

“Kasusnya masih dita­ngani. Ada juga upaya ban­ding yang dilakukan atas kasus tersebut,” kata dia.

Jika semua sudah me­mili­ki kekuatan hukum tetap, maka kapal-kapal itu akan diledakkan dan diteng­gelam­kan seperti kapal pen­curi ikan lainnya.

“Sejak 2015 sudah ada 25 kapal asing yang diproses. Sebagian sudah diteng­gelam­kan setelah kasus hukumnya inkrah,” kata Akhmadon.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan tiga kapal nelayan asing tang­kapan Ditpolair Polda Kepri juga masih menunggu proses hukum dan selanjutnya akan dijadwalkan untuk pe­neng­gelaman.

“Dari Polair masih tiga yang diproses. Setelah pro­sesnya inkrah juga akan di­teng­ge­lamkan,” kata dia usai me­mimpin penenggelaman kapal.

Selama ini, kata dia, sudah banyak kapal-kapal asing yang ditangkap saat melakukan pencurian ikan di wilayah Kepri.

Perairan Kepri khususnya Natuna dan Anambas meru­pakan salah satu wilayah yang sering menjadi lokasi pen­curian ikan oleh nelayan-nelayan asing.

Sejumlah kapal asing yang berhasil ditangkap berbagai instansi sebagian dibawa ke Dermaga Satker PSDKP Ba­tam. Selain itu juga ada yang diproses di Natuna dan Anam­bas. (ant/ivi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 02:44:00 WIB

    Dana Tak Cukup, Gaji ke-13 PNS Batal Cair

    SIAK, HALUAN — Bupati Siak Drs Syamsuar MSi, mengatakan, gaji ke- 13 untuk PNS batal dicairkan oleh pemerintah pusat, karena dana tidak mencukupi untuk dibagikan ke Pegawai Negeri Sipil (PNS). Informasi itu diperolehnya ber.
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:53:35 WIB

    13 Kampung Belum Dialiri Listrik

    SIAK, HALUAN — Rasio Elektrifikasi atau akses listrik per 31 Desember 2015 di Kabupaten Siak sudah mencapai 60,77 persen. Angka ini sudah mencapai target yang ditetapkan dalam RPJMD..
  • Jumat, 22 Januari 2016 - 02:52:46 WIB

    13 KK di Karimun Gabung Gafatar

    KARIMUN, HALUAN — Sekitar 13 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Karimun diduga telah bergabung dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)..
  • Senin, 11 Januari 2016 - 02:45:01 WIB

    Disdik Tetapkan 13 Dewan Pendidikan Riau

    PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau telah me­ne­tapkan sebanyak 13 orang se­bagai Dewan Pendidikan Provinsi Riau masa bahkti 2016-2021. Penetapan na­ma tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Pelaks.
  • Kamis, 28 Mei 2015 - 19:07:28 WIB

    13 WNI Korban Penyekapan Tiba di Pekanbaru

    DIKAWAL POLISI DAN PETUGAS BANDARA

    PEKANBARU, HALUAN—Seperti yang telah dijadwalkan, akhirnya 13 orang WNI asal Kabupaten Kepulauan Meranti, tiba di tanah air melalui Bandara Sultan Syarif Kasim .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]