25 Kelurahan Pemekaran

2017 Baru Berjalan Efektif


Jumat, 08 April 2016 - 03:05:22 WIB
2017 Baru Berjalan Efektif

PEKANBARU, HALUAN—Peraturan Daerah pemekaran kelurahan di Kota Pekanbaru sedang diverifikasi Pemerintah Provinsi Riau. Kemungkinan, 25 kelurahan hasil pemekaran baru bisa berjalan pada tahun depan.

Asisten I Bidang Peme­rintahan Sekda Pemerintah Kota Pekanbaru, Dastrayani Bibra, mengatakan, saat ini untuk proses masih pada ta­hap verifikasi di Pemerintah Provinsi Riau.

“Kemungkinan 5 hingga 6 bulan baru selesai, ditahun 2017 baru bisa efektif, artinya untuk kelurahan pemekaran baru bisa berjalan tahun de­pan,” katanya.

Setelah disetujui atau dive­rifikasi, kta Bibra, baru Perda itu diundangkan melalui Lem­baran Daerah. Namun, kalau nanti ada perubahan usai diverifikasi, Pemko Pekan­baru akan melakukan prog­ram ulang.

“Tapi, sejauh ini nama yang kita ajukan sudah sesuai dengan apa yang menjadi sejarah setempat, artinya sudah sesuai dengan uji pub­lik,” terangnya.

Jika proses itu selesai dan tak ada perubahan lagi, Pem­ko Pekanbaru akan menyi­apkan kantor untuk 25 kelu­rahan yang dimekarkan itu.

“Setelah diundangkan si­ap­kan kantor dulu, meja kursi. Kalau belum ada kantor, apa­kah itu sewa dulu, atau dipin­jamkan dari masyarakat. Sete­lah kantor ada baru orangnya, setelah orangnya baru pelan­tikan lurah,” paparnya.

Sebelumnya, Ranperda Pemekaran Kelurahan sudah resmi disahkan menjadi Perda melalui rapat paripurna di DPRD Pekanbaru, Maret kemarin. Dengan demikian, jumlah kelurahan di Kota Pekanbaru bertambah 25 kelu­rahan dari 58 kelurahan dengan total sebanyak 83 kelurahan. (h/hr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]