Meningkatkan Wawasan Santri dengan Benahi Pustaka


Jumat, 08 April 2016 - 03:06:26 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Untuk menambah wawasan semua santri dan santriwati, Pon­dok Pesantren Nurul Yaqin, Ringan-Ringan, Pakan­da­ngan, Kecamatan Enam Lingkuang terus berbenah. Sejak awal tahun kemarin, pesantren tersebut mem­benahi perpustakaan yang selama ini terabaikan. Pada­hal kehadiran perpustakaan merupakan jendela ilmu bagi tempat pendidikan, baik itu sekolah maupun pondok pesantren sendiri.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Pimpinan Pesantren Nurul Yaqin Drs. Al-Muhdil Ka­rim Tuanku Bagindo saat menerima sumbangan buku dari salah seorang penulis buku Armaidi Tanjung, Se­nin (4/4) di ruangan perpus­takaan Pesantren Nurul Yaqin.

Katanya, kehadiran per­pus­takaan ini tentu mem­berikan peluang yang lebih besar bagi santri untuk mem­perluas wawasannya. Dengan beragamnya bahan bacaan buku di per­pus­taka­an, maka sudah pasti santri memiliki kesempatan mem­baca buku lebih banyak. Seiring dengan itu dapat dipastikan wawasan santri juga meningkat dibanding sebelumnya.

Penyerahan buku dari Armaidi Tanjung sebanyak 34 buku disaksikan oleh Penanggungjawab Per­pustakaan Nurul Yaqin, Rio Santana Tuanku Pamuncak dan Kepala Tata Usaha/Sekretariat M. Asyraful Anam Tuanku Bagindo. Pe­nyerahan juga disaksikan sejumlah santri yang tengah membaca di ruangan per­pustakaan tersebut.

Menurut Rio Santana Tuanku Pamuncak, perpus­takaan ini diaktifkan sejak Januari 2016. Jumlah buku sekitar seribuan yang ber­asal dari sumbangan Ke­menterian Agama Padang Pariaman, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman.

Makanya kita berharap ada donator yang mau menyumbangkan buku seperti yang dilakukan Armaidi Tanjung hari ini.

“Perpustakaan dibuka setiap hari pukul 8.00 – 11.30 WIB dan 14.00 – 16.00 WIB. Khusus hari Jumat, hari libur, perpustakaan ini penuhi santri yang haus dengan bahan bacaan. Jenis buku bacaan yang banyak digandrungi santri adalah sejarah, novel dan penge­tahuan umum lainnya,” kata Rio.

Saat ini, kata Rio, ruangan yang digunakan berukuran 5 X 7 meter bera­da persis di bangunan ba­gian depan di gerbang ma­suk ruangan belajar. Se­hingga sangat memudahkan santri memanfaatkan per­pustakaan. (h/bus)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]