Darwan Duda Beranak Lima

Ikut Ujian Paket C Untuk Penyesuaian Ijazah


Jumat, 08 April 2016 - 03:09:35 WIB
Ikut Ujian Paket C  Untuk Penyesuaian Ijazah DARWAN saat mengikuti ujian paket C.

Tidak terbayang sama sekali oleh Darwan (54), bapak lima orang anak yang baru kehilangan istri tercinta lebih kurang empat tahun yang lalu, untuk melanjutkan studinya di pendidikan kesetaraan paket C setara SMA, ikut mengadu nasib dengan ratusan peserta yang usianya lebih muda dari pada dirinya. 

Tatapan optimis setiap lembaran soal ujian yang beliau baca dan mengisi dengan LJK yang ditulis dengan pensil 2 B, tak mem­bayangkan ujian yang dila­koninya adalah penga­laman pertama dalam hi­dupnya.

Demi cita-cita untuk membesarkan anak-anak­nya, apalagi tuntutan dalam kepegawaian harus berpen­didikan tinggi, karena pe­kerjaan Darwan saat ini adalah PNS golongan I dibidang kebersihan pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman. Men­jadi PNS tidak terbayang sama sekali, karena sejak tahun 1992 telah menjadi tenaga honorer menjadi tenaga kebersihan, hingga akhirnya nasib berbicara lain, tahun 2007 diangkat menjadi PNS dilingkungan Pemkab Pasaman.

Walau menjadi PNS dar­i golongan I, dia men­syu­kuri karunia dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya. Bahkan dalam usia sudah berkepala lima itu, niat untuk masuk paket C telah ada sejak lama, bahkan optimis untuk lulus dengan nilai terbaik.

Darwan (54) duda bera­nak lima asal Lubuk Sika­ping, adalah peserta tertua yang mengikuti ujian nasi­onal paket c setara SMA yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan Pasaman terhi­tung dari tanggal 4 hingga 7 April 2016 men­datang.

Lelaki yang kini terca­tat  sebagai ASN di dinas PU Pasaman mengaku, mo­tivasi mengikuti UN adalah untuk mengejar keter­ting­galan dalam ijazah, pasal­nya dia menjadi ASN sejak tahun 2007 dari data base adalah petugas kebersihan dan masih golongan I b.

”Saya beranikan diri untuk mengikuti UN di­sam­ping mendapat ijazah paket C juga nantinya un­tuk me­naikkan golongan kepang­katan PNS,”terang dia lagi.

Walau soal ujian sangat sukar, namun dia optimis mampu menjawab soal uji­an apalagi sudah belajar dan mengikuti try out be­berapa kali.

Walau bersaing dengan peserta ujian lain yang bukan seumuran dia, na­mun hati bapak yang me­miliki lima anak itu terus bersemangat.

 Termasuk sejak tahun 1992 sudah menjadi petu­gas kebersihan, dan empat tahun ini istri tercinta me­ningga dunia, Darwan kini fokus membesarkan semua anaknya yang sibungsu ma­sih duduk di sekolah dasar.

 Tahun ini sebanyak 138 peserta ujian paket C yang diadakan oleh Dinas Pen­didikan Pasaman. Tiga lokasi yang ditunjuk pelak­sana­annya pada hari per­tama ini berjalan lancar. “Memang benar 138 orang itu terbagi di tigalokasi ujian dan pelak­sanaan ber­ja­lan lancar pada hari per­ta­ma ini,” ujar Novi­artias Kabid Paudni Disdik Pasa­man. ***

 

Oleh:  ATOS INDRIA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]