KUA Teladan Pasaman Dikunjungi Tim Penilai


Jumat, 08 April 2016 - 03:09:55 WIB

PASAMAN, HALUAN — Tim penilai Kan­tor Urusan Agama (KUA) dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat berkunjung mendadak ke KUA Teladan Kabupaten Pasaman di Kecamatan Tigonagari, Rabu (6/4) kemarin.

Kunjungan mendadak oleh Tim penilai, untuk mencari fakta yang sesungguhnya. Selama ini, jika tim penilai mengabari hari kunjungan, kali ini dibuat berbeda. Bahkan Kantor Kemenag Pasaman pun tidak dikasih tau sebelumnya. “Tinjauan mendadak oleh tim penilai, untuk melihat kebenaran seperti apa pelayanan di kua tigo nagari, kalau dikasih tau hari kedatangan maka acara hanya bersifat seremonial, dan disetting sedemikian rupa sehingga kebenaran data presentasi tidak dapat diuji kebenarannya,” kata Ketua rombongan tim penilai, Abrar Munandar.

Kunjungan mendadak juga menghindari penyambutan yang bersifat seremoni dan bermewah-mewah sehingga subtansi dari kunjungan tim penilai tidak terpenuhi. “Kami sengaja, setelah kami sampai di KUA Tigonagari, yang menjadi objek penilaian, baru kami mengabari pejabat dari Kemenag Pasaman, sehingga kami mendapatkan situasi apa adanya, kondisi yang benar-benar riil dijalankan oleh KUA selama ini,” terangnya.

Kepala Kantor Kemenag Pasaman H. Abdel Haq didampingi Kasi Bimas Islam Sulpan Amri menginformasikan tahun ini KUA yang dipimpin Ilfa Jasri terpilih sebagai utusan ranah Pasaman dalam penilaian KUA teladan tingkat Provinsi Sumbar. 

Abdel Haq menyebutkan beberapa kriteria yang menjadi penilaian dianggap terpenuhi oleh KUA yang berlokasi di batas wilayah ranah Pasaman. Dilihat dari infras­truktur, sarana prasarana dan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dinilai terus mengalami perbaikan. Meski­pun masih ada beberapa kelemahan dan kekurangan. 

Dirinya menilai, KUA sebagai satuan kerja Kemenag yang berada di kecamatan bertanggung jawab mewujudkan visi misi, dengan memberikan pelayanan prima, birokrasi yang bersih dari KKN, gratifikasi serta tertib administrasi. Dengan penilaian tesebut dianggap akan membantu pening­katan KUA khususnya di ranah saiyo ini. “Kita doakan semoga utusan kita ini meraih nilai yang baik dari tim, dan penilaian ini mampu menjadi motivasi untuk men­dongkrak meningkatnya mutu KUA,” terangnya mengakhiri. (h/tos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]