Anak Ikut UN

Orang Tua Harus Beri Perhatian Ekstra


Jumat, 08 April 2016 - 03:10:22 WIB

PASAMAN, HALUAN— Ketua Komite SMPN 1 Lubuk Sikaping M. Mardinal menegaskan, hendaknya semua orang tua siswa perlu memberikan perhatian ekstra terhadap anaknya yang sebentar lagi akan melaksanakan Ujian Nasional. 

M. Mardinal meminta, kalau bisa dua minggu men­jelang ujian berlangsung semua aktivitas yang meng­ganggu konsentrasi belajar anak mesti dihentikan se­jenak. 

Hal itu diungkapkannya saat rapat bersama dengan para orang tua siswa kelas IX, pengurus komite seko­lah beserta Kepala SMPN 1 Lubuk Sikaping beserta jajarannya, Selasa lalu di lokasi labor milik sekolah tertua di Kabupaten Pa­saman itu. 

Sekaitan dengan UN tahun 2016, dia meng­ha­rapkan peran orang tua sangat menentukan keber­hasilan anaknya untuk bisa lulus dan masuk pada seko­lah favorit yang ada di Lu­buk Sikaping.

Di samping  itu , M. Mardinal merasa terpanggil dan prihatin dengan prestasi yang jauh dari harapan ber­sama. Karena itu, keter­tinggalan  harus segera dikejar, tanpa ada dukungan dan kerjasama, hasil yang dicapai untuk kembali me­ng­angkat nama sekolah ten­tu tak akan tercapai sama sekali. 

Komite bekerja dan me­nerima masukan sekaitan dengan persoalan-persoalan yang ada di sekolah tersebut. Apalagi sebagian besar pe­ng­urus adalah alumni seko­lah, dirinya optimis akan mengangkat citra sekolah dan mamajukan kembali prestasi yang pernah dito­rehkan, baik itu dari segi mutu sekolah, maupun kegi­atan intra dan ekstra­kuri­kuler sekolah. 

Tentunya hal itu tidak gampang dilakukan sendiri tanpa ada perhatian dan dukungan bersama, baik majelis guru, pimpinan se­ko­lah, maupun orang tua siswa sendiri.

Dia berharap rapat bersama yang akan digelar tanggal 16 Januari 2016 nanti akan melahirkan rekomendasi baru terhadap perubahan yang mendasar bagi kemajuan SMPN 1 Lubuk Sikaping.

Senada dengan itu Ke­pa­la SMPN 1 Lubuk Sika­ping Yusar mengatakan de­ngan adanya pengurus ko­mi­te sekolah yang terbentuk melalui musyawarah ber­sama, akan melahirkan ide-ide baru dalam rangka me­majukan pendidikan khu­susnya yang ada di SMPN 1 Lubuk Sikaping.

Tahun ini kata Yusar sebanyak 251 siswa SMPN 1 Lubuk Sikaping akan meng­ikuti ujian nasional, dan berharap para orang tua untuk selalu memberikan perhatian dan mengawasi anak-anaknya di rumah, dan terakhir jelang UN semua orang tua diminta untuk hadir dalam muhasabah bersama anaknya agar dibe­rikan jalan kemudahan da­lam menempuh ujian terse­but. (h/tos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]