Harga Beli Bulog belum Sesuai Pasar

Petani Masih Jual Gabah ke Pengumpul


Jumat, 08 April 2016 - 03:32:56 WIB

SOLOK, HALUAN — Kendati Badan Usaha Logistik (Bulog) sudah diberi kebebasan membeli gabah petani namun harga pembelian belum sesuai harga pasar. Akibatnya petani masih memilih menjual gabah pada pedagang pengumpul.

Kepala Bulog Solok To­per Indra kepada Haluan di kantornya Kota Solok Se­lasa (5/4) mengatakan, se­suai Peraturan Presiden, Bulog hanya diberi mandat membeli gabah petani sebe­sar Rp3.500/kg, sedangkan harga pasar mencapai Rp6.­000/kg. Jika dikonversikan pada sukat, harga pembelian pedagang Rp8.000 sampai Rp9.000/sukat tergantung varietas padinya.

Untuk beras asli Solok dengan varitas anak daro, cisokan dan ir 42 merupakan varitas yang memiliki pang­sa pasar sangat baik, beras anak daro, cisokan dan ir 42 itu sangat laris di Sumatera Barat bahkan termasuk me­rajai pasarnya kepulau Jawa. Bulog sendiri tidak bisa berbuat banyak untuk mem­beli gabah petani karena dibatasi dengan Perpres.

Kendati demikian, untuk beberapa Kabupaten dalam wilayah kerja Bulog Solok masih bisa membeli gabah petani, kecuali untuk gabah asal Solok memang harus gigit jari karena rendahnya tebusan yang diberikan oleh Bulog.

“Kita kalah bersaing dengan pedagang walau sudah diberi mandat untuk membeli gabah petani,” terang Toper Indra

Mengingat terbatas dana pembelian gabah oleh Bu­log, untuk memenuhi ke­butuhan beras di gudang, Bulog Solok masih me­neri­ma orderan dari kantor induk, beras yang disimpan di gudang Bulog dida­tang­kan dari pulau Jawa dan Kalimantan.

Kendati penga­daan beras Bulog dari luar Sumatera Barat namun kua­l­itasnya masih baik.

Pendistribusian beras untuk keluarga miskin (Ga­kin) yang ada di wilayah kerja Bulog Solok maupun untuk berjaga-jaga jika ter­ja­di bencana alam maupun melambungnya harga beras di pasaran, Bulog siap men­drop beras berkualitas baik. Sampai saat ini beras yang didistribusikan Bulog Solok untuk Gakin masih bisa diterima, ini terlihat beras yang didrop ke lapangan banyak ditebus Gakin untuk dikonsumsi.(h/alf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 16:48:08 WIB

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi V DPRD Propinsi Sumatera Barat Daswippetra Dt Mjj Alam membakar semangat petani di Kabupaten Solok untuk membudidayakan cengkeh, kopi dan manggis dalam upaya menambah pendapatan rumahtanggany.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 19:18:54 WIB

    Dedi Rahmanto: Sistem Resi Gudang Solusi Bagi Petani Pessel

    Dedi Rahmanto: Sistem Resi Gudang Solusi Bagi Petani Pessel HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi IV DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra mengatakan, mata rantai kehidupan masyarakat Pesisir Selatan mayoritas dari hasil pertanian, maka sudah seharusnya daerah ini mempunyai sistem resi .
  • Senin, 01 Juni 2020 - 12:50:13 WIB

    Harga Cabai di Solok Turun, Petani Mengeluh

    Harga Cabai di Solok Turun, Petani Mengeluh HARIANHALUAN.COM - Petani cabai di Solok terenyuh lantaran harga cabai di tingkat pedagang pengumpul sangat anjlok sekali sejak sebulan terakhir ini. Satu kilogram cabai ini hanya pada kisaran Rp15 ribu sampai Rp18 ribu. Bebe.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 11:26:23 WIB

    Petani Banuhampu Hasilkan Produksi Padi 12 Ton

    Petani Banuhampu Hasilkan Produksi Padi 12 Ton AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Agam, Indra Catri, mengapresiasi produksi padi organik milik Gapoktan Tumbuh Lestari, Tanjuang Alam, Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu. Apresiasi ini disampaikan saat mengunjungi laha.
  • Senin, 24 Februari 2020 - 14:55:59 WIB

    DKP3 Sawahlunto Dorong Petani Kakao Terapkan Pola Tumpang Sari

    DKP3 Sawahlunto Dorong Petani  Kakao Terapkan Pola Tumpang Sari SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto dorong petani kakao di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, untuk menerapkan pola tumpang sari dengan menanam.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]