Hujan Badai

Pohon Tumbang, Empat Kedai Rubuh


Jumat, 08 April 2016 - 03:36:08 WIB
Pohon Tumbang, Empat Kedai Rubuh Empat buah atap kedai di Kelurahan Sinapa Piliang copot oleh angin kencang dan hujan badai yang terjadi Rabu (6/4) sekitar pukul 17.00, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Satu batang pohon kayu tumbang dan 4 buah kedai rubuh akibat hujan badai yang terjadi di Kota Solok dan sekitarnya Rabu (6/4) sekitar pukul 16.30 WIB. Pohon kayu yang tum­bang berada di Pusat Pasar Solok, sementara 4 buah kedai berada di Kelurahan Sinapa Piliang, 500 meter dari kantor Balai Kota Solok.

Keterangan yang dihim­pun Haluan sore itu menye­butkan, saat hujan turun diiri­ngi petir masyarakat mulai mengurung diri dalam rumah, begitu juga di Pasar Solok yang merupakan pusat per­belanjaan banyak meng­hen­tikan aktifitasnya. Tak lama berselang curah hujan makin tinggi yang diiringi angin kencang.

“Saat angin kencang yang diiringi petir bersahutan, terdengar suara draaak... Ru­panya pohon kayu setinggi lebih kurang 10 meter tum­bang, masyarakat yang berada di sekitar pohon kayu itu langsung menyingkir karena batang kayu persis di pusat keramaian pasar. Di bawah pohon kayu itu merupakan kawasan parkir kendaraan roda dua, kebetulan saat itu tidak ada kendaraan yang parkir,” kata seorang saksi mata.

Sementara itu kelurahan Sinapa Piliang 4 buah ba­ngunan yang biasanya dijadi­kan tempat usaha counter HP, tambal ban dan menjual ma­ka­nan juga dihantam angin, atap bangunan itu copot dan diterbangkan angin. Akibat tumbangnya atap bangunan, otomatis  kedai itu rusak dan harus dilakukan rehab kem­bali.

Walikota Solok Zul Elfian dan Kepala Bidang Kesejah­teraan Sosial Andriyani serta tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok langsung turun ke lapangan. Tim BPBD dan Dinas Kesejahteraan Sosial Tenaga Kerja langsung meng­inventarisir bangunan yang rusak. Sementara pohon kayu yang tumbang dipotong dan disingkirkan agar tidak meng­hambat arus lalu lintas.

“Pak Walikota sudah pe­rin­tahkan kami dari BPBD dan Dinas Kesejahteraan So­sial untuk membantu ma­syarakat yang mendapat mu­sibah hujan badai, tutur An­diyani kepada “Haluan” di lokasi,” kata Andriyani.

Menurutnya akibat hujan badai ada 4 bangunan yang rusak, hari Kamis (7/4) disa­lurkan bantuan untuk per­baikan rumah yang rusak.(h/alf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:10:52 WIB

    Jalan Lintas Sumatera di Agam Ditanam Pohon Pelindung

    Jalan Lintas Sumatera di Agam Ditanam Pohon Pelindung HARIANHALUAN.COM - Kawasan jalur lintas Sumatera di wilayah Kabupaten Agam menjadi pusat perhatian bagi pemerintah daerah, terutama dalam penataan dan pemberian kesan yang nyaman dan indah di sepanjang jalur jalan tersebut..
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 15:47:17 WIB

    Puskesmas Sungai Durian Tanam 100 Pohon Daun Kelor di Desa Santur

    Puskesmas Sungai Durian Tanam 100 Pohon Daun Kelor di Desa Santur HARIANHALUAN.COM - Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Barangin kota Sawahlunto lakukan gerakan menanam seratus pohon Kelor di Desa Santur. Daun kelor merupakan super food mengandung antioksidan, dan mengandung gizi tinggi yang.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 20:02:39 WIB

    Korban Pohon Tumbang di Pasbar Dapat Bantuan dari Kapolres

    Korban Pohon Tumbang di Pasbar Dapat Bantuan dari Kapolres HARIANHALUAN.COM -- Kapolres Pasaman Barat (Pasbar) AKBP. Sugeng Hariyadi bersama Ketua Bhayangkari Cabang Pasbar, Ny. Desi Sugeng Hariyadi didampingi Kabag Sumda Polres Pasbar AKP. Muzhendra, serahkan bantuan kepada satu kel.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 16:37:42 WIB

    Antisipasi Banjir, Hutan Gundul di Solsel Bakal Ditanam 7.500 Pohon 

    Antisipasi Banjir, Hutan Gundul di Solsel Bakal Ditanam 7.500 Pohon  SOLOK SELATAN,HARIAN HALUAN.COM- Mengantisipasi terjadi bencana banjir bandang dan longsor di lokasi hutan yang gundul di Solsel bakal dilakukan penanaman 7.500 bibit pohon. Hal ini disampaikan Sekdakab Solsel, Yulian Efi saa.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 20:00:19 WIB

    Tebing Longsor di Sungai Batang Lampasi, Pohon Beringin Ikut Tumbang

    Tebing Longsor di Sungai Batang Lampasi, Pohon Beringin Ikut Tumbang PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Hujan yang masih terjadi di Limapuluh Kota menyebabkan tebing Sungai Batang Lampasi di wilayah Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota mengalami longsor akibat ba.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]