PKS Tunjuk Ledia Hanifa Gantikan Fahri Hamzah


Jumat, 08 April 2016 - 03:47:28 WIB

JAKARTA, HALUAN — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menunjuk Ledia Hanifa Amaliah sebagai pengganti Fahri Hamzah di posisi Wakil Ketua DPR RI. PKS sudah mengirimkan surat pergantian posisi Wakil Ketua DPR tersebut ke Sekretaris Jenderal DPR RI, Rabu (6/4) dan diterima pukul 13.59 WIB. 

Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman menegaskan, pergantian posisi wakil ketua DPR tidak terkait dengan proses pergantian antar waktu (PAW) Fahri Hamzah. Menurutnya, meskipun Fahri melayangkan gugatan ke Penga­dilan Negeri Jakarta Selatan, proses pergantian posisi wakil ketua DPR dapat terus diproses.

“Pergantian pimpinan DPR tidak ada kaitannya dnegan proses hukum, pergantian pimpinan adalah hak fraksi, maka pimpinan harus segera memprosesnya,” kata Sohibul, Kamis (7/4).

Sohibul melanjutkan, gugatan Fahri Hamzah di PN Jaksel tidak akan berim­plikasi pada penundaan pergantian sebagai angota. Pergantian posisi pimpinan DPR tidak perlu menunggu ada ketetapan hukum dari pengadilan. Yang harus me­nunggu ketetapan hukum untuk me­lanjutkan proses adalah PAW Fahri Ham­zah sebagai anggota DPR RI.

“Gugatan FH (Fahri Hamzah) berim­plikasi pada penundaan pergantian sebagai anggota (PAW), harus menunggu ada ketetapan hukum inkrah,” kata dia.

Sohibul mengatakan, penunjukan Ledia Hanifa menggantikan Fahri Hamzah sudah didasarkan intergritas, kapasitas dan kapabi­litas yang Ledia. Ledia dinilai mumpuni untuk mnempati posisi Wakil Ketua DPR RI didasarkan pada rekam jejak anggota legislatif perempuan satu-satunya dari PKS tersebut.

Ledia sudah menunjukkan kapa­sitas­nya sebagai pimpinan di komisi bidang kesejah­teraan. Hal itu cocok dengan posisi pimpi­nan DPR yang dijabat Fahri Ham­zah, yaitu pimpinan DPR bidang ke­sejahteraan rakyat. “Wakil Ketua DPR bidang kesejahteraan rakyat adalah mem­bawahi komisi 8 sampai 10, jadi Ledia Hanifa sangat mumpuni,” kata Wakil Komisi X DPR RI ini. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 16:21:00 WIB

    Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet, PKS Tegaskan Konsisten Oposisi

    Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet, PKS Tegaskan Konsisten Oposisi HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mempersilakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi merombak susunan kabinet alias reshuffle. Menurut Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif or.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 14:19:32 WIB

    Politikus PKS Sebut Presiden Tidak Boleh Mengeluh Apalagi Curhat

    Politikus PKS Sebut Presiden Tidak Boleh Mengeluh Apalagi Curhat HARIANHALUAN.COM - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta Presiden Joko Widodo memastikan perintahnya dilaksanakan oleh para menteri, bukan hanya marah-marah seakan pencitraan. Setelah 10 hari berl.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:45:50 WIB

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024 HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut memberikan komentar terhadap hasil survei yang digelar oleh Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang menyebut menyebut Prabowo Subianto masih berpeluang besar m.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 12:31:06 WIB

    Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, PKS: Keputusan Paling Aneh dalam Sejarah Perhajian

    Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, PKS: Keputusan Paling Aneh dalam Sejarah Perhajian HARIANHALUAN.COM - Keputusan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang tidak akan memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 menuai kritik. Pasalnya, keputusan itu dianggap sepihak, tanpa melibatkan Komisi VIII DPR sebagai mitra ke.
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 12:02:56 WIB

    PKS: Tolak Bahas Omnibus Law Ciptaker

    PKS: Tolak Bahas Omnibus Law Ciptaker SERPONG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto, menegaskan partainya konsisten keberatan untuk ikut membahas RUU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker), meskipun Pemerintah dan DPR RI sepakat menunda pembaha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]