20 Paket Ganja Diamankan dari Lansia


Jumat, 08 April 2016 - 03:59:24 WIB

Agam, Haluan — Ke­polisian Sektor (Polsek) Tanjung Raya berhasil me­ng­amankan puluhan paket ganja dengan beragam uku­ran dari dua orang ter­sangka, pada dua tepat dan nagari berbeda, di Ke­camatan Tanjung Raya, Maninjau Rabu (6/4). Satu diantaranya dalah seorang seorang lanjut usia. 

Keduannya tersangka tersebut adalah Awa­lu­din berusia 27 ditangkap di Kedai kelontong Kan­tor Kerapatan Adat Na­gari (KAN) Su­ngai Ba­tang se­kitar pukul 15.20 WIB. Selang be­berapa saat Se­telah pe­nga­ba­ngan polisi menang­kap Elida 61 ta­hun di tang­kap (IRT) se­kitar pukul 16.00 WIB di rumah di Jorong Pandan, Nagari Tanjung Sani.

Kapolres Agam, AK­BP Ekob Budhi Purwono me­lalui Kapolsek Tanjung Ra­ya, Iptu Yanwimar dan Paur Humas Polres Agam Aiptu Yan Frizal di Lubuk Ba­sung, Kamis, me­nga­takan, tersangka Awaludin meru­pakan seorang pe­ngedar darinya dimankan empat paket kecil ganja. Se­men­tara dari elide me­ngusasi berang haram itu yang cu­kup banyak lebih kurang 20 paket kuran sedang dan kecil.   

Ia menjelaskan, pengu­kapan kasus narkoba jenis ganja dengan jumlah yang cukup banyak ini berawal dari penagkapan Awaludin dari sebuah Kedai di Su­ngai Batang, setelah pe­ngem­bangan penangkapan Awa­ludin di warung milik Epa (35), ia berkicau jika barang tersebut dia da­patkan dari DS di rumah di Jorong Pandan, Nagari Tanjung Sani.

Berdasarkan penga­ku­an tersebut, polisi kemu­dian baru melakukan pe­nye­lidikan kerumah yang disebut itu.

Setelah tiba di lokasi DS tidak ditemukan, yang ada di dalam tersebut adalah Elida orang tua DS. Ketika ditanya Elida men­coba mengelelak ke­mu­dian dilakukan penge­le­dahan.

Setelah digeledah, yang bersangkutan ter­nyata juga mencoba me­mindahkan barang yang ditaru dari dalam kaleng, setelah di­buka ternyata berisi ganja. Selain itu juga ditemukan ganja lebih ku­rang 20 paket yang ditaruh di bawah ka­sur.

“Selain mengamankan barang bukti ia kami juga menyita barang barang lain seperti dua unit telepone gengam dan uang diduga hasil penjualan daun ganja sebesar Rp52.000. Saat ini keduannya masih dalam pemeriksaan untuk mem­buktikan lebih lanjut,” ka­tanya.

Dikatakannya, dari ha­sil penangkapan itu, ang­gota berhasil mengaman­kan daun ganja kering seba­nyak 24 paket. Saat ini anggota sedang melakukan pengembangan kasus terse­but dan juga mencari keber­adaan DS.

Menurutnya, dari pe­meriksaan awaludin adalah seorang pengedar, semen­tara Elida adalah yang me­ngu­sai barang. Atas perbuatanya, kedua ter­sangka dijerat pasal 111 ayat 1 dan pasal 114 ayat Undang-undang No 35 Ta­hun 2009 tentang Nar­ko­tika dengan ancaman hu­kuman lima tahun dan mak­simal 12 tahun.

Sementara itu, ter­sang­ka Elida mengelak terlibat dalam peredaran narkoba, mengaku, ia tidak menge­tahui bahwa dalam kaleng rokok itu berisi daun ganja. “Saya tidak mengetahui dan bia­sanya kaleng itu tempat menyimpan uang. Mana ada urusan saya de­ngan barang tersebut sa­ya tidak terima dengan hal ini,” ungkapnya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]