DPRD dan Pemko Sepakati Ranperda Pembentukan Produk Hukum


Jumat, 08 April 2016 - 03:59:43 WIB

Bukittinggi, Haluan — DPRD Kota Bukittinggi bersama pemerintah se­tempat menyepakati Ren­cana Peraturan Daerah (Ran­perda) tentang tata cara pembentukan produk hukum daerah menjadi per­aturan daerah (Perda).

“Ranperda ini disusun agar menjadi pedoman da­lam penyusunan dan pem­bentukan peraturan daerah agar lebih terencana, ter­padu dan sistematis agar perundang-undangan dae­rah tetap berada sistem hukum nasional,” kata Ke­tua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Bukittinggi, Ibnu Asis dalam paripurna yang dilak­sana­kan di gedung dewan se­tempat, kemarin.

Ia menjelaskan, pem­bahasan ranperda tersebut dimulai sejak 2 Oktober 2015 hingga 25 Februari 2016 dengan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan Kementerian Hukum dan HAM wilayah Sumbar.

“Pembahasan dilakukan secara internal, kemudian bersama SKPD terkait dan untuk penyempurnaan di­lakukan melalui konsultasi dengan pihak lain seperti Kemenkumham,” lanjutnya.

Ia menyebutkan perda tersebut memuat materi tentang bentuk-bentuk pro­duk hukum daerah, penyu­sunan produk hukum dae­rah, penyebarluasannya pa­da masyarakat dan lain-lain.

“Kami harap, melalui peraturan tersebut dapat memperlancar komunikasi antara DPRD dan peme­rintah kota dalam imple­mentasi pelaksanaan fungsi pembentukan peraturan daerah serta tercipta siner­gitas dalam penye­lengga­raan pemerintahan teru­tama da­lam penyusunan kebijakan,” ujarnya.

Ketua DPRD setempat, Beny Yusrial menyam­pai­kan dengan adanya pedo­man dalam pembentukan produk hukum daerah, juga dapat meningkatkan kerja­sama dalam pembangunan dan pemberdayaan ma­sya­rakat.

Sementara, Wali Kota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias mengatakan su­dah sepantasnya daerah itu memiliki regulasi yang me­ng­atur tata cara pemben­tukan produk hukum daerah agar dapat lebih terencana dan sistematis.

“Adanya peraturan ini juga diharapkan dapat men­dorong kinerja seluruh ja­jaran pemerintah daerah untuk meningkatkan ku­alitas produk hukum yang dihasilkan dan memenuhi kebutuhan daerah serta masyarakat,” pungkasnya. (h/ril)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]harianhaluan.com