Pertamina Bantu Masyarakat Melalui Baksos


Jumat, 08 April 2016 - 04:01:11 WIB
Pertamina Bantu Masyarakat Melalui Baksos Wawako Suwandel Mukhtar menyerahkan bantuan baksos Pertamina secara simbolis kepada perwakilan masyarakat. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pertamina membantu untuk meningkatkan ku­alitas hidup 61 kepala kelu­arga di Kota Payakumbuh. Bantuan itu berupa kegiatan bakti sosial (baksos) kese­hatan gratis. Dantaranya,  operasi katarak, hernia, dan bimbir sumbing yang dilak­sanakan di RSUD dr. Ad­naan WD Kota Paya­kum­buh, Kamis (7/4).

Menurut  Direktur RS­UD Payakumbuh, Dr. Ad­naan WD, dr. Hj. Merry Yuliesday, janis bantuan yang diperoleh yakni, pasien operasi katarak sebanyak 27 orang, operasi bibir sumbing 14 orang dan operasi hernia 18 orang.

Pasien terdiri dari 12 warga Kota Payakumbuh, 47 warga Kabupaten Lima­puluh Kota dan 2 orang warga Lubuk Sikaping.

Dikatakan, operasi pa­sien katarak ditangani lang­sung oleh Dr. dr. Feti Kar­fiati, Sp. M, M.Kes dan dr. Rina, Sp. M dari RS. Ci­cendo Bandung. Operasi bibir sumbing dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik dr. Deny, Sp. BP dari tim kesehatan PT. Per­ta­mina Bina Medika. Se­men­tara itu, operasi hernia dila­kukan oleh dokter spesialis bedah RSUD dr. Adnaan WD Kota Payakumbuh dr. Syafrudin.

Direktur Utama Per­tamina Bina Medika yang diwakili Vice President Pe­masaran drg. Bramantyo, Sp.Ort menuturkan, target baksos kesehatan di Kota Payakumbuh sebanyak 200 pasien katarak, 60 hernia, dan 60 bibir sumbing. Na­mun tidak memenuhi kuo­ta, drg. Bramantyo berang­gapan masyarakat Payakum­buh dan Kabupaten Lima­puluh Kota, sudah sehat dan sejahtera.

Dia juga mengungkap­kan pendanaan baksos ini bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina dan Program Kerja sama dan Bina Ling­ku­ngan (PKBL) Pertamina. Bramantyo juga meminta doa seluruh masyarakat  Kota Payakumbuh dan Ka­bupaten Limapuluh kota, untuk membeli produk-pro­duk Pertamina agar Perta­mina tetap bisa bertahan dan bisa melaksanakan bak­sos berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu, Bramantyo juga berharap, agar kegiatan baksos ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hi­dup masyarakat yang ter­ganggu aktivitasnya oleh penyakit hernia, yang ku­rang percaya diri karena bibir sumbing dan yang ter­gang­gu penglihatannya ka­re­na gangguan katarak.

Wawako Suwandel Much­tar, ketika membuka kegiatan baksos  menyebut, baksos ini merupakan kegia­tan positif untuk mem­ba­ngun kondisi masyarakat yang lebih baik.

Wawako berharap ban­tuan-bantuan Pertamina lainnya juga bisa ditujukan ke Kota Payakum­buh. “Ka­mi saat ini sedang mem­bangun RSUD menuju tipe B, karena itu diha­rapkan Pertamina bisa mem­berikan bantuannya,” tukas wawako.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh, Supar­man, Kepala Dinas Kese­hatan setempat Elzadas­warman, Dirut RSUD Ad­naan WD dr. Hj. Merry Yuliesday, Mars, Ketua TP PKK Ny. Henny Riza Fale­pi, Ketua GOW Ny. Rasyi­dah Suwandel, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Payakumbuh dan tokoh-tokoh masyarakat. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]