Satu Hari Dua Kejadian

Jamret dan Maling Gemparkan Sijunjung


Jumat, 08 April 2016 - 04:01:49 WIB

SIJUNJUNG,HALUAN — Sebuah aksi penjambretan terjadi di Kecamatan Si­jun­jung, Kamis (7/4). seorang Ibu rumah tangga yang bernama Nelfia (33) warga Pematang Anjuang, Nagari Muaro, ke­ca­matan Sijunjung menjadi kor­ban penjambretan saat hen­dak pergi ke pasar. Akibat dari kejadian tersebut, korban kehilangan perhiasan berupa dua buah kalung emas, yang satu seberat 25 emas dan yang kecil seberat 4 emas, dengan total seberat 72.5 gram atau sekitar Rp.34 juta berhasil dibawa raib penjambret.

Dari informasi yang di­peroleh, kejadian berawal saat korban hendak pergi ke pasar Si­junjung untuk membeli ke­pe­rluan sehari-hari bersama anak dan adiknya yang ber­nama Maini (30), dalam per­jalanan melewati wilayah jo­rong Guguak Dadok nagari Muaro Sijunjung sekitar pu­kul 11.30 siang, tiba-tiba ken­daraan korban di serempet oleh sebuah sepeda motor pelaku. Korban yang ber­bonceng dengan adik dan anaknya tersebut langsung ter­jatuh karena terkejut se­men­tara itu, Pelaku jambret pun langsung mengambil pak­sa dengan cara menarik dan memutuskan dua buah kalung emas yang ada di leher korban dalam hitungan detik dan pelaku pun langsung me­larikan diri kearah Sijunjung.

Maini (Adik korban) be­r­usaha bangkit dan mengejar pelaku dengan menggunakan ken­daraan warga yang ke­betulan melintas saat itu, akan tetapi kalah cepat sehingga pelaku berhasil melarikan diri. Akhirnya, Nelfhia dan adiknya Maini langsung me­lap­or ke polsek Sijunjung atas kejadian yang dialaminya tersebut.” Sejak awal kami tidak merasa curiga ada yang mengikuti sewaktu hendak ke pasar, padahal saat itu saya menggunakan helm, dan ka­lung saya masukkan kedalam baju, ditambah lagi ada anak saya yang duduk di depan, en­tah bagaimana pelaku ter­sebut bisa mengetahui kalau saat itu saya memakai kalung”, ujar Nelfia.

Sementara itu, di lain tem­pat kejadian pencurian ken­daraan bermotor terjadi di Jorong Muaro Gambok Ke­nagarian Padang Laweh Se­latan, Kamis (7/4) dini hari sekitar jam 04.00 wib. Satu unit mobil carry Suzuki futura yang biasanya digunakan un­tuk berjualan air minum ga­lon warna hitam yang dike­tahui kepunyaan salah se­orang war­ga bernama Delmon (39) warga Jorong Gambok Ke­nagarian Padang Laweh Sela­tan tersebut hilang diba­wa kabur pencuri saat korban tengah tertidur lelap. Dan atas kejadian tersebut korban telah melaporkan keja­dian yang di­alaminya ke Ma­polres Si­jun­jung untuk tin­dakan lebih lanjut.

Atas dua kejdian itu Ka­polres Sijunjung AKBP Dwi Su­listyawan menghimbau ke­pada seluruh warga kabupaten Sijunjung agar waspada dan lebih berhati-hati. “Kalau berpergian, diusahakan tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan sehingga bisa me­mancing niat jahat dari pe­laku, serta memarkirn ken­da­raannya di tempat yang mudah terlihat dan terpantau oleh kita maupun warga lainnya sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” himbaunya.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan agar warga juga turut serta dalam menjaga lingkungannya masing-ma­sing dengan melaksanakan siskamling bersama-sama warga lainnya guna me­nga­n­tisipasi tindakan atau aksi kejahatan yang terjadi di­ma­lam hari. (h/ogi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 07:15:23 WIB

    Guru Dijamret, Perampok Pecah Kaca Mobil

    Guru Dijamret, Perampok Pecah Kaca Mobil PAYAKUMBUH, HALUAN — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H ini, aksi kriminal di wilayah hukum Payakumbuh kem­bali marak. Buktinya saja, belum sampai sepekan ini, sudah dua aksi kriminal yang terjadi..
  • Selasa, 26 April 2016 - 13:59:13 WIB

    Dua Pelaku Jamret Babak Belur Dihajar Massa

    Payakumbuh, Haluan — Dua orang pelaku jamret, sempat jadi bulan-bulanan massa di Kelurahan Bunian, Kecamatan Payakumbuh Utara pada pekan lalu. Kedua pelaku yang sama-sama warga Kecamatan Situjuah, Kabupaten Limapuluh Kota i.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]