Pantau Kondusi Hutan Pasaman

Dishut Terbangkan Quadcopter


Jumat, 08 April 2016 - 04:03:38 WIB
Dishut Terbangkan Quadcopter Uji coba alat pantau dan pemotret Quadcopter di halaman kantor Bupati Pasaman oleh Kadishut Hendri Oktavia dan Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Kamis (7/4). (HUMAS)

PASAMAN, HALUAN — Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat melakukan pengambilan citra dengan menggunakan quad­copter (kamera terbang) untuk pemetaan dan memantau kondisi tutupan hutan pasca banjir bandang yang menimpa Kabupaten Pasa­man, Kamis (7/4).

Hadir ke Pasaman, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Suma­tera Barat Hendri Oktavia disambut oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis, dan Kadishut Pasaman Yozarwardi, dan sejumlah SKPD lain menyak­sikan penerbangan quadcopter itu di halaman kantor Bupati Pasaman.

Kadishut Sumbar Hendri Okta­via melalui Kadishut Pasaman Yozarwardi menyebutkan, kunju­ngan dari Dishut Sumbar itu, untuk memastikan tutupan hutan di sekitar hulu sungai yang mengaliri pemukiman warga di Lundar dan Lambak. “Citra tersebut sengaja dipantau untuk antisipasi bencana, selain itu juga memastikan apakah benar tutupan hutan di hulu sudah menipis,” kata Yozarwardi.

Selain itu, hasil potretan terse­but juga memastikan apa benar terjadi perambahan atau illegal logging di hulu. “Hasil pantauan udara ini juga perlu, agar jika terjadi sewaktu-waktu bencana, tidak disalahkan itu ulah illegal logging,” terangnya.

Ia berharap, selain adanya alat pantau udara oleh Provinsi Sumbar, semoga ke depannya Dishut Pasa­man juga memiliki quadcopter tersebut. (h/col).

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 November 2016 - 01:06:45 WIB

    BPKP Akan Audit Pembangunan Gedung Dishut

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Retak-retaknya gedung Dinas Kehutanan dan Pertambangan Kabupaten Limapuluh Kota menimbulkan kekhawatiran bagi pegawai yang bekerja di sana. Hampir setiap, rasa cemas dan takut menghantui hampir 60.
  • Jumat, 04 November 2016 - 00:22:24 WIB

    Dishut Mentawai Survei Resort di Kawasan HP

    Dishut Mentawai Survei Resort di Kawasan HP MENTAWAI, HALUAN — Kepulauan Mentawai memang terkenal dengan keindahan alam yang mempesona, dan memiliki potensi pariwisata bahari yang menjanjikan. Hamparan pasir pantai yang putih, dengan gulungan ombak yang memukau para .
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:15:59 WIB

    Wabup Ferizal Ridwan: Proyek Gedung Dishut Harus Diusut

    Wabup Ferizal Ridwan: Proyek Gedung Dishut Harus Diusut Limapuluh Kota, Haluan — Pasca retaknya gedung Dinas Kehutanan dan Pertambangan Kabupaten Limapuluh pada Selasa (25/10) siang, membuat Wakil Bupati Limapuluh Kota angkat bicara. Orang nomor dua di Kabupaten Limapuluh Kota i.
  • Selasa, 03 November 2015 - 20:18:42 WIB

    Dishutbun Agam Bantu Pengembangan Tanaman Kelapa

    Agam, Haluan - Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) se­tempat membantu pe­ngem­bangan dan pe­remajaan tanaman kelapa masyarakat pada lahan seluas 100 hektare di empat kecamatan y.

  • Selasa, 01 September 2015 - 19:05:58 WIB

    Dishutbun Agam Bibitkan 500 Ribu Tanaman

    Agam, Haluan — Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Agam, melakukan pembibitan beragam jenis kayu-kayuan dan buah-buahan.

    Dengan jumlah men­capai lebih kurang 500.000 bibit di Persemaian Per­man.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]