Pengunjung Pasar Alai Sepi

Pedagang: Retribusi Pasar Jangan Naik


Jumat, 08 April 2016 - 04:10:13 WIB
Pedagang: Retribusi Pasar Jangan Naik Pedagang di Pasar Alai. Jual beli turun, pedagang berharap retribusi pasar tak dinaikkan. (RINA SYAFITRI)

PADANG, HALUAN — Pasar Alai Kecamatan Padang Utara terletak di Kelurahan Alai Parak Kopi yang luasnya 9294 m2. Pengelola Pasar Alai pada Haluan, Kamis (7/4) me­nutur­kan saat ini pedagang yang ada di pasar ini sekitar 276 orang pedagang kios dan 128 pe­dagang kaki lima (PKL).

”Sarana dan prasarana di sini, Alhamdullilah sudah me­madai, karena kami sudah memiliki musala, WC, kon­tainer, alat kebersihan seperti  gerobak, sapu, dan bak sampah.

Pasar ini juga dilengkapi dengan los ikan serta los da­ging. Semuanya dialokasikan oleh Dinas Pasar sesuai dengan  kebutuhan,” ungkapnya.

Namun demikian banyak pedagang mengeluh karena sepinya pengunjung akhir-akhir ini sehingga pedagang tak me­raup keuntungan. Ropini (49) seorang pedagang sembako yang telah berjualan selama 14 tahun mengatakan,  jual beli saat ini sangat merosot.

“Dalam sehari kami hanya berjual beli Rp 1 juta. Padahal beberapa tahun yang lalu pasar ini ramai dikunjungi orang dan penghasilan yang didapat se­hari bisa mencapai Rp 1,5 juta,” terangnya.  Sementara itu War (55) yang sudah berjualan se­lama dua tahun, juga menga­takan hal serupa bahwa kini pembeli sepi.

Peningkatan penjualan ha­nya bisa dirasakannya ketika awal-awal bulan, itupun hanya berjalan selama dua hari saja.

“Ketika harga sembako semuanya naik, dagangan kami pun tidak lagi laris dijual. Ditambah lagi sekarang biaya restribusi pasar juga ikut-ikutan naik,” keluh War.

Mis (38) pedagang yang sudah berjualan selama tiga tahun, nasibnya tak jauh beda. Rata-rata jual belinya sehari Rp800 ribu jika pengunjung ramai.

“Apalagi sekarang saya me­n­dapat informasi biaya restri­busi pasar akan dinaikkan, sementara hasil dari jualan tidak mendapat ke­untung­an, ”tuturnya.

Ungkapan ini senada de­ngan  pengelola pasar, bahwa saat ini memang banyak pe­dagang-pedagang mengeluh karena dagangan mereka bany­ak yang tidak laku. “Bagi saya hal ini di se­bab­kan oleh faktor ekonomi yang saat ini mele­mah, “ tambahnya. (h/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 13:36:25 WIB
    Pembongkaran Berujung Bentrok di Pasar Raya Padang

    Pedagang: Ditertibkan Taruih, Jo Apo Kami ka Makan Pak?

    Pedagang: Ditertibkan Taruih, Jo Apo Kami ka Makan Pak? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perdagangan Kota Padang melakukan penertiban terhadap ratusan pedagang di Jalan Sandang Pangan, Pasar Raya Padang, Selasa (31/3/2020). Para pedagang yang tidak terima dengan pembongkaran, sem.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]