Abrasi Pantai Makin Parah

Jorong Pondok Bakal Lenyap


Jumat, 08 April 2016 - 04:13:15 WIB
Jorong Pondok Bakal Lenyap KONDISI terkini abrasi pantai di Jorong Pondok, Nagari Sasak, Pasbar, Kamis (7/4). Sekitar 200 meter kawasan Jorong telah terban ke dalam laut. (FADLI)

PASAMAN BARAT, HALUAN — Abrasi Pantai di kawasan Jorong Pondok, Nagari Sasak Kabupaten Pasaman Barat, membutuhkan gerak cepat Pemkab Pasbar dan Pemprov Sumbar. Sejak setahun belakangan ini, puluhan rumah, ereal pertanian bahkan pandam pekuburan sudah telah tersapu ke dalam laut.

Salah seorang warga se­kitar, Eli Yarni kepada haluan Kamis, (7/4) mengatakan, sedikitnya dalam satu tahun ini puluhan unit rumah dan beberapa tempat pembuatan ikan asin milik warga sekitar sudah masuk ke dalam aliran sungai dan terjun ke laut. Lama ke lamaan Jorong Pon­dok bisa hilang dari peta.

“Semula jarak permu­ki­man warga dari bibir pantai ber­kisar dua ratus meter, na­mun karena perubahan aliran muara Batang Ampu saat ini jarak rumah warga hanya be­berapa meter saja,” jelas­nya.

Memnurut Kepala Jorong ondok, kondisi tersebut seca­ra otomatis membuat warga sekitar was-was, terlebih saat pasang naik dan angin ken­cang. Sebab setiap hari tebing di sepanjang aliran sungai terus runtuh.

Menurut warga, pindah­nya aliran Sungai Batang Ampu dipengaruhi oleh angin selatan, dan terjadinya pen­dangkalan di muara Batang Ampu yang lama. Akibatnya, aliran air sungai mengarah ke permukiman warga.

Warga sekitar meminta pe­merintah segera tanggap dan tidak tingal diam saja, ka­rena jika ini dibiarkan, pu­lu­han kepala keluarga akan ke­hi­langan tempat tinggal me­re­ka. warga meminta pe­me­rin­tah segera menor­mali­sasi muara sungai Batang Ampu, agar aliran muara kembali kepada aliran semula dan tidak merusak permu­kiman serta tanaman warga. (h/fad)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]