Nagari Koto Baru Diterjang Banjir Bandang


Jumat, 08 April 2016 - 04:15:11 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Ban­jir bandang di Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (7/4) dinihari, telah merusak sejumlah saluran irigasi sawah warga dan puluhan hektar sawah terancam gagal panen.

Kepala BPBD Tanah Datar, Mukhlis menyebutkan, curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Ka­bupaten Tanah Datar sejak Rabu hingga Kamis, telah menyebabkan debit air pada sejumlah anak sungai di daerah ini menjadi besar.

“Di wilayah Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, telah terjadi luapan air pada sejumlah saluran irigasi per­sawahan warga dan terdapat ke­rusakan saluran irigasi di sejumlah titik,” tuturnya.

Dari hasil pantauan petugas BPBD bersama UPT Dinas PU setempat, tercatat tiga saluran irigasi yang rusak akibat hantaman arus air yang cukup besar, sehingga rusak dan aliran air menuju sawah warga menjadi tersumbat.

Saluran irigasi Banda Sawah nan Dalam di Jorong Koto Nagari Koto Baru, tembok penahannya se­pan­jang 22 meter jebol dan material pasir dan air bah menimbun sawah warga yang padinya sedang men­g­hijau.

Begitu juga saluran irigasi Banda Lundang mengalami kerusakan pada dinding saluran airnya, sehingga aliran air menjadi tersumbat dan mengancam puluhan hektar sawah mengalami kekeringan.

Selain merusak saluran irigasi, banjir bandang yang terjadi di Nagari Koto Baru tersebut juga telah me­nimpa halaman masjid dan bangunan TK Jihad Koto Baru.

Untuk pembersihan material lumpur tersebut, telah dikerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Tanah Datar. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]