Gubernur: Investasi Sumbar Terbesar Pariwisata dan Hotel


Jumat, 08 April 2016 - 04:16:10 WIB

PADANG, HALUAN — Potensi investasi terbesar di Sumbar yaitu pariwisata, per­hotelan maupun investasi lainnya. Potensi tersebut terbuka bagi para pelaku usaha.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno dalam diskusi Bank Indo­nesia Wilayah Sumbar ten­tang strategi percepatan inves­tasi di Sumbar, Kamis (7/4).

“Saat ini, pemerintah provinsi tengah giatnya meng­genjot sektor pariwisata untuk membuka peluang lebih be­sar lagi bagi para pelaku usaha pariwisata untuk ma­suk ke Sumbar. Karena, sektor pariwisata memiliki peluang investasi cukup besar dan pemerintah sendiri juga tengah giat memacu ke­ma­juan sektor pariwisata, se­hing­ga semakin dilirik pelaku usaha pariwisata untuk ma­suk,” terangnya.

Dikatakannya, kem­a­juan yang dicapai saat ini se­perti sudah banyak investasi yang masuk untuk meng­garap sektor pariwisata ter­masuk pertumbuhan usaha perhotelan. “Kita berharap, ke depan investasi akan masuk lebih besar lagi, se­hing­ga potensi pariwisata benar-benar tergarap secara maksimal,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Irwan, di samping sektor pariwisata, Sumbar juga memiliki potensi investasi di bidang sumber panas bumi untuk energi. Saat ini, sebanyak 16 titik sumber panas bumi sudah terdeteksi dan siap untuk digarap jika ada investor yang berminat.

“Di antara titik tersebut ada di Kabupaten Solok, Kabupaten Pasaman dan di Solok Selatan yang sudah mulai digarap oleh in­ves­tor,” jelas Irwan.

Di samping potensi ter­sebut, Irwan menyebutkan, ma­sih banyak potensi inves­tasi yang berpeluang untuk digarap. Ditegaskannya, Pe­merintah Provinsi Sum­bar sa­ngat terbuka kepada investasi dan mengundang investor untuk masuk ke Sumbar.

Sementara itu, Puji At­moko menyampaikan, Kantor Perwakilan BI Sum­bar ber­upaya untuk men­jem­batani semua pihak yang terkait antara lain jajaran pemerintahan, pelaku usaha, perbankan dan akademisi untuk berdialog mencari terobosan menye­lesaikan masalah struktural peng­hambat investasi.  (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 16 April 2016 - 04:57:17 WIB

    Gubernur: Jajaran SKPD Wajib Paham IT

    PADANG, HALUAN — Ja­jaran Satuan Kepala Pe­rang­kat Daerah (SKPD) wajib memahami dan me­ngi­kuti perkembangan IT. Hal ini bertujuan untuk me­mu­dah­kan berjalannya aktifitas, efektifitas dan efisiensi. Se­hing­ga .
  • Rabu, 11 Februari 2015 - 19:45:53 WIB

    Gubernur: Pemkab/Pemko Segera Ajukan SPA

    RASKIN 2015 LUNCURKAN

    PADANG, HALUAN – Penyaluran beras miskin (Raskin) 2015 di Sumbar secara resmi diluncurkan, Rabu (11/2) di Gubernuran, Sumbar. Namun baru Kota Padang yang menyerahkan Surat P.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]