Agam Raih Population Award


Jumat, 08 April 2016 - 04:18:28 WIB
Agam Raih Population Award GUBERNUR Irwan Prayitno menyerahkan penghargaan Population Award dari BKKBN Sumbar kepada Bupati Agam Indra Catri, Kamis (7/4).

AGAM, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Agam berhasil meneri­ma anugerah kependudukan Popu­lation Award di bidang inovasi kepen­dudukan dari BKKBN Pro­vinsi Sumbar lewat program pemba­ngunan berwawasan kepen­du­dukan. Anu­gerah kepend­u­dukan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Suma­tera Barat Irwan Prayitno kepada Bupati Agam Indra Catri, Kamis (7/4) di Mercure Hotel Padang.

Population Award ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada daerah yang peduli serta mempunyai ko­mitmen yang tinggi dalam mengatasi masalah kependu­dukan dan kepedulian dalam mensosialisasikan program Ke­pen­dudukan dan Keluarga Be­ren­cana(KKB). Kemudian juga di­nilai mampu meningkatkan kepe­dulian generasi muda terha­dap persoalan kependudukan dan meningkatkan jejaring kerja da­lam pelaksanaan program KKB.

Komitmen dan keseriusan inilah yang dibangun oleh Peme­rintah Kabupaten Agam melalui inovasi-inovasi yang digagas Bupati Indra Catri di lima tahun terakhir, sehingga layak dianu­gerahi sebagai kabupaten terbaik di tingkat Provinsi Sumbar. Untuk pemerintah kota prestasi ini dihasil disabet Kota Solok.

“Penghargaan ini adalah buah dari kerja serta komitmen ber­sama. Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan BKKBN melalui population award kepada Kabupaten Agam,” kata Indra Catri.

Menurutnya prestasi ini ada­lah sebagai wujud kerja keras seluruh SKPD Kabupaten Agam terutama leading sektor yang terkait dalam pembangunan ke­pen­dudukan dan keluarga beren­cana. Keberhasilan ini adalah sebagai wujud kebersamaan dan tanggung jawab seluruh stekhol­ders dengan masyarakat.

“ Penghargaan Population Award ini kami dedikasikan kepada seluruh masyarakat Kabu­paten Agam, serta pihak-pihak yang terus mendorong  bidang inovasi kependudukan,” jelas Indra Catri.

Kependudukan harus dita­ngani secara komprehensif arah kebijakan pemerintah dalam me­nyeleng­garakan pembangunan senantiasa memerhatikan aspek kependu­dukan dan lingkungan hidup atau pembangunan berwa­wasan kepen­dudukan dan ber­kelanjutan.

“Kebijakan ini perlu didu­kung dengan kebijakan yang menyangkut penetapan kesera­sian, keseimbangan dan kesela­rasan antara kualitas dan kuan­titas penduduk, serta penataan komposisi dan struktur pen­duduk yang ideal bagi pruktur penduduk yang ideal bagi pem­bangunan yang berkelanjutan,” kata bupati.

Bupati juga menilai bahwa isu masalah kependudukan haruslah menjadi masalah bersama karena ke depan masalah kependudukan akan semakin kompleks. Begitu kompleksnya permasalahan ke­pen­dudukan tersebut sehingga membutuhkan penanganan seca­ra komprehensif untuk kemajuan peradaban bangsa Indonesia khususnya di Agam saat ini dan masa mendatang. Permasalahan yang sangat komprehensif ter­sebut tidak mungkin ditangani oleh pemerintah sendiri.

“ Saya turut mengajak kepada semua pemangku kepentingan harus berperan aktif, terutama masyarakat juga harus diajak untuk berperan aktif dalam mengelola pembangunan yang berwawasan kependudukan ini,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Agam, Retmi­wati, menyatakan meskipun seca­ra kuantitas Agam memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, namun hal itu bisa diim­bangi dengan peningkatan kua­litas Sumber Daya Manusia.

Salah satu indikatornya, ada­lah meningkatnya Indeks Pem­ba­ngunan Manusia  (IPM) seca­ra berkelanjutan dilima tahun ter­akhir. “Sehingga, melalui gagasan dan komitmen ini kita bisa men­capai penghargaan seba­gai daerah yang telah berhasil mencapai pembangunan berwa­wasan kepen­dudukan,” katanya. (adv)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]