Pemadaman Saat UNBK

PLN: Gangguan itu di Luar Kendali


Jumat, 08 April 2016 - 04:19:15 WIB
PLN: Gangguan itu di Luar Kendali GM PLN Sumbar, Supriyadi berdiskusi dengan Kepala SMKN 2 Padang Raymon saat meninjau pelaksanaan UNBK hari pertama lalu. (HUMAS PLN)

PADANG, HALUAN – Kejadian listrik padam di beberapa titik di daerah pada Rabu (6/4) di luar kendali PLN. Kejadian itu membuat persiapan siswa peserta Ujian Nasional dan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer terganggu.

PLN Persero Wilayah Sumbar meminta maaf atas kejadian listrik padam tersebut. “Kami mohon kepada masyarakat atas terjadinya listrik padam di beberapa titik lokasi di daerah. Ini gangguan di luar kendali, bukan karena pemadaman. Sebab, saat ini kita tidak ada pemadaman,” kata Humas PLN Wilayah Sumbar, Ridwan kepada Haluan, kemarin.

Ridwan menjelaskan, saat ini tidak ada jadwal pemadaman di Sumbar, karena pasokan energi cukup. Pemadaman dilaksana­kan jika memang terjadi defisit karena pembangkit tak bisa beroperasi maksimal atau ada pekerjaan pemeliharaan.

“Dan jika ada pemadaman, kita infokan dulu kepada masya­rakat melalui media. Namun jika listrik padam tiba-tiba, inilah gangguan yang terjadi di luar kendali seperti pada hari ketiga persiapan UNBK siswa kemarin. Secara teknis pasokan listrik kita aman, makanya kita sampaikan kepada masyarakat tidak ada pe­madaman. Bahkan, kita me­nem­patkan genset dan petugas jaga di beberapa titik lokasi strategis untuk persiapan darurat. Tapi gangguan di luar kendali seperti faktor alam, inilah me­nyebabkan listrik padam,” jelas­nya lagi.

Sebenarnya, lanjut Ridwan, pihak PLN sudah berkoordinasi maksimal dengan panitia penye­lenggara UN untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan UNBK di Sumbar, khususnya dukungan kesediaan listrik saat ujian berlangsung. Bahkan PLN jauh hari sudah mengunjungi seluruh sekolah-sekolah penye­leng­gara melihat posisi lokasi, sehingga baru bisa dipastikan keterjagaan listriknya.

Pada hari pertama pelaksa­naan UNBK, General Manager PLN Wilayah Sumbar, Supriyadi saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Padang juga mengatakan tidak ada pema­daman bergilir selama UNBK berlangsung.

GM Supriyadi yang didam­pingi Manager Area Padang, Jhonni Putra dan Manager Rayon Belanti, Isrofil di sela-sela penin­jauan tersebut menyampaikan, PLN akan berusaha menjaga stabilitas listrik dengan me­nempatkan petugas jaga di bebe­rapa lokasi agar tidak terjadi pemadaman. Namun demikian, ganguan-gangguan di luar kendali bisa saja terjadi. Untuk itu, Supriyadi mengajak dan memo­hon dukungan dari seluruh mas­ya­rakat agar tidak terjadi hal-hal yang memicu terjadinya gang­guan.

“Kalau gangguan, itu sudah di luar kendali. Mudah-mudahan gangguan tidak terjadi, pasokan lancar dan pelaksanaan UNBK sukses,” harap GM PLN Sumbar ini waktu peninjauan tersebut. (h/rel/vid)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Januari 2016 - 03:52:56 WIB
    Korsleting Listrik Pemicu Kebakaran

    PLN: Penyebabnya Keteledoran Pelanggan

    PADANG, HALUAN — Ber­dasarkan catatan yang di­rang­­kum oleh Badang Pe­nang­­gulangan Bencana Da­erah-Pemadam Kebakaran (BP­BD-PK) Kota Padang, selama 2015 terjadi 357 kasus keba­karan di Kota Padang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]