Sijunjung Tingkatkan Peserta Didik PAUD


Jumat, 08 April 2016 - 10:08:34 WIB
Sijunjung Tingkatkan Peserta Didik PAUD

SIJUNJUNG, HALUAN — Tahun 2016 ini, Dinas Pen­didikan Kabupaten Sijunjung menarget Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) men­capai 80 persen.

“Tahun lalu, APK PAUD kita 75,26 persen. Kita me­narget Tahun 2016 ini, APK PAUD kita mencapai 80 per­sen. Artinya target peserta didik yang mengecap PAUD diharapkan meningkat,” kata Kepala Dinas Pendidikan Ka­bupaten Sijunjung, Drs H Efigon melalui Kepala Bidang PAUDNI, Syamsul Bahri, SPd, MM kepada Haluan di ruang kerjanya, Selasa (5/4).

Untuk mengejar target ter­sebut, sambung Syamsul Bahri, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya, me­nyusun program strategis, yakni berupa pembinaan ter­hadap pendidik PAUD.

Pembinaan terhadap pen­didikan PAUD tersebut, sebut dia, dengan cara turun ke tingkat kecamatan untuk mem­berikan pencerahan, ajakan dan penguatan kepada pe­n­didik PAUD.

“Kita baru saja selesai turun ke delapan kecamatan untuk mem­berikan pencerahan kepa­da seluruh pendidik PAUD di daerah ini,” kata mantan Kepala SMPN 13 Sijunjung ini.

Pecerahan tersebut di­mak­sudkan, agar para pendidik PAUD secara bersama-sama ber­komitmen untuk meng­gerakkan semua elemen ma­syarakat dalam mendukung terlaksananya pendidikan pra sekolah di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

Namun begitu, Syamsul Bahri juga sangat berharap dukungan dari orang tua. Tak ha­nya peran orang tua, k­e­beradaan Bunda PAUD Jorong dan Bunda PAUD Nagari serta peran Wali Nagari juga sangat diharapkan dalam mem­b­a­ngun kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD yang ada di sekitarnya. Termasuk du­ku­ngan sarana dan prasarana lainnya.

“Dukungan orang tua anak sangat menentukan terpenuhi atau tidak target APK tersebut, termasuk peran Bunda PAUD Jorong, Nagari dan Wali Na­gari dalam membangun ke­sadaran orang tua dan du­kungan sarana dan prasarana PAUD,” jelasnya.

Seiring dengan itu,  per­tum­buhan PAUD di Ka­bu­paten Sijunjung cukup me­ngembirakan, baik itu Ta­man Kanak-Kanak, RA, Kelompok Bermain, TPA dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Dari data Dinas Pen­di­dikan, di Kabupaten Si­junjung ada sekitar 473 lembaga PAUD. Rinciannya, 114 TK, 206 Kelompok Bermain, 119 SPS, 25 RA dan 9 TPA.

“Kalau dari segi jumlah, telah melebihi dari jumlah jorong yang ada saat ini, yakni sebanyak 304 jorong,” jelasnya.

Menyinggung kualitas guru PAUD, Syamsul Bahri me­nga­kui belum seluruh pendidik PAUD formal (TK) ber­kua­lifikasi Strata 1 (S1). Begitu juga untuk kelompok bermain.

“Pendidik PAUD formal, baru 34,54 persen dari 388 guru TK, dan  kelompok bermain sekitar 20,81 persen dari 519 pendidik yang bergelar S1,” jelasnya.

Namun begitu, Pemkab Sijunjung melalui Dinas Pen­didikan setempat terus ber­upaya melakukan program kua­lifikasi guru PAUD, me­lalui kegiatan seminar, magang dan diklat berjenjang. “Setiap tahun kita terus menggelar seminar, diklat berjenjang dan memangangkan guru-guru PAUD,” katanya. (h/azn)

 

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]