Manfaatkan Lahan Seluas 338 H

Empat Keltan Mulai Beralih Pada Tanaman Ubi


Jumat, 08 April 2016 - 10:29:57 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN —  Guna lebih meningkatkan ketahanan pangan di Sumatera Barat, utamanya di Kabupaten Limapuluh Kota, maka petani yang tergabung dalam kelompok di daerah ini menanam ubi jalar seluas 338 hektare yang tersebar pada empat kecamatan yakni, Kecamatan Situjuh Limo nagari, Lareh Sago Halaban, Akabiluru dan Gunung Omeh.

Kegiatan penanaman ubi jalar tersebut, dibina oleh Dinas Tanaman Pangan, Hol­ticultura dan Perkebunan Limapuluh Kota, ratusan pe­tani yang terlibat bertanam ubi jalar itu, tergabung dalam kelompok tani. Masing ma­sing mereka mempunyai la­han untuk tanaman ubi jalar maksimal mencapai satu hek­tare.

Berdasarkan data yang diperoleh pada Dinas Tana­man Pangan setempat, Rabu kemarin, tanaman ubikayu tersebut mampu menghasil­kan panen 30 ton per hekta­renya. Sehingga penambahan bahan pangan di daerah ini cukup signifikan, setelah padi, ubi kayu, jagung, ikan dan daging yang juga produksinya juga meningkat.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Limapuluh Kota, Gus­­dian Laora yang dihu­bungi di kantornya jalan raya Tanjung Pati menuturkan, bahan pangan ubi jalar dan ubi kayu sangat laku dipasaran untuk bahan baku berbagai jenis makanan usaha kecil dan rumah tangga seperti keripik, karak kaling dan jenis ma­kanan lain yang diproduksi setiap hari.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Tanaman Pa­ngan Holticultura dan Perke­bunan setempat, Afrizul nazar menga­kui, tanaman talas be­lum lagi dikelola secara baik dan hanya tanaman yang dike­lola sebagian masyarakat, sehingga bantuan untuk ke­bun talas belum ter­sedia pada Dinas Tanaman Pangan. Na­mun begitu, tahun 2016 ini direncanakan kebun talas demplot seluas 3 hektare di Situjuh Limo Nagari.

“Mudah mudahan para petani di sejumlah kecamatan lain akan termotivasi berta­nam talas, sehingga mengun­tung­kan bagi petani, hara­pannya mampu memini­mal­kan angka kemiskinan di dae­rah ini melalui peluang ber­kebun talas,” ulasnya. (h/zkf)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]