Jumlah Pendaftar Calhaj Pasbar Meningkat


Jumat, 08 April 2016 - 10:44:09 WIB

PASBAR, HALUAN —  Ke­sa­daran warga Pasaman Ba­rat mendaftarkan dirinya untuk melaksanakan per­ja­lanan ibadah haji  tahun ini terus meningkat.

Dari Januari hingga ak­hir Maret 2016, jumlah ca­lon jemaah haji (Calhaj) pen­daftar dan tercatat di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Pa­sa­man Barat mencapai 127 orang. “Calhaj tersebut te­lah menyetorkan biaya ke Kas Negara, sebagai Biaya Per­ja­lanan Ibadah Haji (BP­IH), melalui bank Bank Penerima Setoran (BPS) di daerah setempat mencapai Rp3,175 milyar,” kata Ke­pala Kepala Staf Haji Pasbar melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Pas­bar, Miswan kepada Haluan di ruang kerjanya, Simpang Em­pat, Rabu (6/4) kemarin.

Di Pasaman Barat, jelas­nya, BPS-BPIH dijadikan setiap warga melakukan pe­m­bayaran tahap awal biaya perjalanan ibadah hajinya adalah Bank Man­diri, Bank Nasional Indo­nesia 46, Bank Syariah Man­­diri, Bank Na­gari, Bank Rakyat Indonesia, Bank Rakyat Indo­nesia, Bank Mu’amalat, Bank Nagari Syariah, Bank Rakyat Indo­nesia Syariah.

Khusus untuk bulan Ma­ret 2016 ini saja, terang Miswan, calon jemaah haji dari masing-masing keca­matan yang mendaftar se­ka­ligus di BPS-BPIH men­capai 41 orang dengan  dana disetorkan ke kas negara sebanyak Rp1,025 miliyar.

Dari 41 orang  itu terdiri dari  14 orang  warga Keca­matan Pasaman, 12 orang warga Kinali, 7 orang warga Luhak Nan Duo, 4 orang dari Lembah Melintang, dan se­banyak 4 orang lagi dari Kecamatan Gunung Tuleh.

Tentang masa tunggu Calhaj  Miswan  yang di­dam­pingi  Rahmiyanti dan Asri­wan menjelaskan, masa tu­ng­gu calon jemaah, dari waktu pendaftaran sampai mereka diperkenankan un­tuk berangkat ke tanah suci, sekitar 14 sampai 15 tahun ke depan.  (h/gmz)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]