Bahas Perkembangan Terbaru Hematologi

FKUA akan Gelar PHOMM IV


Jumat, 08 April 2016 - 11:30:37 WIB
FKUA akan Gelar PHOMM IV Ketua Panitia Padang Hematology Oncology Medic Meeting IV Dr. dr. H. Irza Wahid, SpPD, KHOM, FINASIM bersama penasehat kegiatan Prof. dr. H. Nuzirwan Acang, DTM&H.SpPD, KHOM.FINASIM dan Wakil Ketua I dr. Eifel Faheri SpPD, KHOM., serta beberapa panitia pelaksana lainnya usai jumpa pers.

PADANG. HALUAN — Ba­gian Penyakit Dalam Fakultas Kedok­teran Universitas An­dalas (FK­UA) dan RS M Djamil akan menggelar perte­muan ilmiah bertajuk Padang Hematology Oncology Medic Meeting IV (PHO­MM - IV), Sabtu (9/4) mendatang di Pangerans Beach Hotel.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Per­him­punan Dokter Spesialis Pe­nyakit Dalam Indonesia, dan Perhim­punan Hematologi dan Transfusi Darah Indo­nesia (PHTDI).

Kegiatan yang bertema The new stream on hema­tology - medical oncology management to optimize he­alth care services ini, diren­canakan akan diikuti oleh 250 peserta dari tenaga medis pada layanan primer dan se­kunder.

“Hingga Rabu (6/4) sudah ada sekitar 140 lebih peserta yang mendaftar. Kami masih mene­rima pendaftaran peser­ta hingga hari H,” kata Ketua Panitia Pelak­sana Dr. dr. H. Irza Wahid, SpPD, KHOM, FINASIM., kepada war­tawan di Bagian Penyakit Dalam RS M Jamil, Rabu (6/4).

Irza yang saat itu didam­pingi penasehat kegiatan Prof. dr. H. Nuzirwan Acang, DT­M&­H.SpP­D, KH­OM.­FINA­SIM dan Wakil Ketua I dr. Eifel Faheri SpPD, KHOM., serta beberapa panitia pelak­sana lainnya menyebutkan, setiap peserta akan men­dapatkan 8 SKP serta berhak atas undian doorprize berupa iPhone.

Selain untuk berbagi ilmu tentang perkembangan ter­baru di bidang he­ma­tologi, kegiatan ini juga ber­tujuan untuk m­enin­gkatkan kualitas dokter pada tingkat layanan primer dan se­kunder yang bermuara pada peningkatan jumlah tenaga ahli di bidang hematologi,” kata irza.

Menurut Nuzirwan Acang,  sejak beberapa waktu lalu, cen­derung terjadi pe­ning­katan jum­lah pasien pen­derita gangguan hematologi di RS M Jamil. Se­kitar 40 pasien rawat inap yang mengi­dap kanker darah, leu­kemia, atau gangguan hematologi lainnya, memenuhi ruang pera­watan bagian penyakit dalam setiap hari. “

“Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab makin me­ningkatnya jumlah pasien hema­tologi. Selain karena jaminan dari BPJS, faktor gaya hidup masya­rakat saat ini yang banyak meng­konsumsi penyedap rasa, juga menjadi penyebab bertambahnya pen­derita gangguan hematologi,” katanya.

Begitupun pengaruh re­aksi penggunaan nuklir dalam bebe­rapa bidang ilmu penge­tahuan. Ternyata menurut dr. Eifel, peng­gunaan nuklir juga sangat berpengaruh dalam peningkatan jumlah penderita hematologi.

Simposium ini, menurut Irza, juga akan dilanjutkan dengan sebuah workshop yang bakal digelar seminggu berikutnya. “Workshop lan­jutan ini dikem­bangkan lagi pesertanya dengan melibatkan apoteker serta perawat dan tenaga medis lainnya,” tutup Irza.  (h/atv)

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]