PW Muhammadiyah Kunjungi Polda


Jumat, 08 April 2016 - 11:48:34 WIB
PW Muhammadiyah Kunjungi Polda

PADANG, HALUAN — Pim­pinan wilayah Muhammadiyah Sumbar juga bersilaturahim ke Mapolda Sumbar, Rabu (6/4). Mereka diterima dengan hangat Kapolda Sumbar Brigjen Ba­sarudin, SH, MH dan jajaran Polda Sumbar Dirlantas, Bagian Humas Polda AKP Syamsi, Dir Intel dan lainnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammmadiyah Sumbar, Dr. Drs Shofwan Karim Elha,MA mengatakan peran Mu­ham­madiyah sebagai organisasi dak­wah kemasyarakatan memiliki pertautan dengan peran Polda terutama dalam melindungi, me­nga­yomi, dan melayani masya­rakat. Termasuk, me­ne­rima pengaduan dan aspirasi warga dalam berbagai hal.

Menurutnya, Mu­ham­ma­diyah Sumbar me­nyam­paikan pandangan mendasar dan kom­prehensif tentang ra­dikalisme dan terorisme serta bagaimana cara penanganan yang me­nye­luruh dengan pendekatan dak­wah oleh para Dai Mu­ham­madiyah.

Muhammadiyah istiqomah sebagai pembawa misi Islam yang moderat, toleran, men­cerahkan, dan berkemajuan. “Para dai bisa jadi corong dalam menyuarakan tentang bahaya narkoba, LGBT dan aliran sempalan yang massive dewasa ini dengan membangun patnership dengan pihak polda Sumbar,” katanyua

Katanya, kedatangan rom­bongan Muhammadiyah Sum­bar ke Mapolda adalah bertujuan untuk mengupdate ulang tentang muhammadiyah sumbar pasca muswil 2015 lalu yang meng­hasilkan pengurus baru dan program kerja 2015-2020. 

Strategi pengembangan Mu­ham­mmadiyah secara umum ada tiga antaralain dakwah amal maruf nahi mungkar, tajdid dan prinsip almaun yang bergerak pada tiga sektor ekonomi, pen­didikan dan kesehatan.

“Memajukan Sumatera Ba­rat, Muhammadiyah tdak bisa sendiri perlu sinergitas dengan kom­ponen. Maka itu Mu­ham­mad­i­yah keep close dengan seluruh komponen pemerintah daerah, for­kom­pinda, BUMD, BUMN mau­pun BUMS,” tuturnya.

Hubungan kemesraan Mu­hammadiyah dengan Polda terus berkejasama dengan polisi sejak awal Indonesia merdeka bahkan sebelum adanya NKRI hubungan kemesraan sudah terjalin erat hingga sekarang.

“Kedatangan kami ke Ma­polda untuk merefresh dan mengupdate kembali tantangan kompleks, ada dua agenda besar Out Reach Sail Komodo 8 Aprildan 13 April dan agenda pelantikan bersama Muham­madiyah, Aisyiyah dan Pemuda pada tanggal 10 april 2016 mendatang,” ucapnya. 

Dia juga menyarankan Polda untuk mengurangi razia, yang perlu di upgrade adalah pendekatan persuasif dengan memberikan pemahaman sa­dar hukum kepada ma­syarakat.

Kapolda Sumbar Brigjen Basarudin,SH,MH me­ngu­cap­kan selamat datang di gedung baru Mapolda, gedung ter­megah di Sumatera.

“Alhamdulilah kantor baru sudah rampung, maka tugas untuk melayani masyarakat jadi lebih besar,” ujarnya.

Beberapa anggota Pim­pinan Wilayah dan ortom yang turut hadir di antaranya Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. Drs Shofwan Karim Elha,MA, Sekret­aris Drs. H. Adrian Muis, Ben­dahara PW Mu­ham­ma­diyah Sumbar Abdurrahman Chan, Wakil Ketua Nurman Agus, Mus­lim Tawakkal, Solsa­fad, Ketua PW Aisyiyah, Yulin­tidar, Ketua PW Pemuda Mu­hammadiyah Sumbar Mu­ha­yatul, Sekretaris PW Pe­muda Rafiqul Amin, Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Sum­bar Deri Rizal dan sejumlah angkatan muda lainnya.(h/rel)

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]