Pelaksanaan UKW Diundur 22 April


Jumat, 08 April 2016 - 12:04:00 WIB

PADANG, HALUAN — Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Sumbar bersama Dewan Pers, sedianya dilaksanakan pada 8-9 April tetapi ditunda menjadi 22-23 April mendatang.

“Pelaksanaan UKW ditunda karena jadwal yang kita minta bersamaan dengan UKW di provinsi lain yang jumlah peser­tanya sudah cukup satu kelas,” kata Se­kretaris PWI Sumbar, Eko Yanche Edrie, dalam siaran persnya.

Meskipun ditunda, antusias para war­tawan untuk mengikuti uji kompetensi cukup tinggi. Sampai kemarin petang Rabu (6/4), sebanyak 21 wartawan Sumatera Barat baik anggota PWI maupun yang non-PWI sudah mendaftar untuk ikut UKW.

Eko merinci,  dari 21 orang itu, sebanyak 15 orang mendaftar untuk kualifikasi Wartawan Muda dan empat orang untuk Wartawan Madya. Sedangkan untuk kua­lifikasi Wartawan Utama, sudah mendaftar dua orang. Sebelumnya PWI Sumbar sudah menyu­rati pemimpin media cetak, televisi, radio, kantor berita dan online untuk mengirimkan para wartawannya mengikuti UKW ini. Persyaratan juga sudah di­sampaikan dalam surat tersebut. “Memang tidak gratis, tetapi dimintakan biaya Rp1 juta/orang untuk biaya penye­lenggaraan dan tim penguji. Ketentuan ini berlaku bagi semua UKW di Indonesia,” kata Eko.

Sementara itu Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar mengatakan, sampai saat ini PWI Sumbar sudah melaksanakan lima kali UKW. Dari 484 wartawan anggota PWI Sumbar, baru 25 persen yang sudah mengi­kuti UKW dan dinyatakan sebagai wartawan yang kompeten. “Bagi wartawan yang belum terdaftar di PWI, apabila sudah mengan­tungi sertifikat kompetensi, bisa mendafatar langsung tanpa harus melewati ujian anggota PWI lagi,” katanya. (h/vie/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]