2016 BKKBN Sumbar Targetkan Peningkatan Pria berKB


Jumat, 08 April 2016 - 15:34:14 WIB

PADANG, HALUAN — Mes­kipun di tahun 2015 pen­capaian peserta KB mencapai 107.000, namun tidak mem­buat BKKBN berpuas diri, malah di tahun 2016 akan dinaikkan menjadi 153.000 peserta KB baru.

Kepala BKKBN Sum­bar, H Nofrijal mengata­kan, untuk pemetaan daerah-daerah yang akan menjadi sasaran sebelumnya sudah mempunyai data seperti data orang yang seharusnya berKB, tapi belum berKB.  “Itu yang akan kita sasar, kita sudah punya data setiap kecamatan dan kabupaten. Kita bisa klik di website daerah mana saja yang ma­sih tinggi angka kelahiran dan peserta KBnya yang masih rendah,” ujarnya saat meng­hadiri acara Rakorda pro­gram kependudukan, keluar­ga berencana dan pem­ba­ngu­nan keluarga (KKBPK) Sumbar yang dia­dakan di Hotel Mercure.

Dengan tema sinergi antara pemerintah, peme­rintah daerah dan mitra kerja dalam mendukung pem­ba­ngunan bidang pengendalian penduduk dan keluarga be­ren­cana guna mewujudkan nawacita. Rakorda dihadiri oleh seluruh kader ka­bu­paten/kota, Babinsa dan para penggerak program BKKBN.

Untuk tahun 2016 ini, ia juga akan lebih mem­fokus­kan untuk pe­ningkatan pe­serta KB pria dengan me­ngaet sejumlah stakeholder, se­perti Babinsa, tokok-to­koh masyarakat dan se­jum­lah kelompok pemuda dan beberapa lagi yang lainnya. Ia juga akan me­mak­simal­kan kegiatan-ke­giatan dan akan bekerja sama dengan Babinsa untuk langsung ke rumah masyarakat mem­berikan pemahaman.

“Tentu yang lainnya, kita akan memberikan peng­hargaan-penghargaan bagi suami atau istri yang me­ngajak yang lainnya untuk berKB. Seperti Babinsa, PLKB dan kader-kader lain­nya,” ujarnya.

Dikatakannya juga, ham­pir di semua kecamatan yang ada di Sumbar sudah mempunyai kelompok-ke­lompok KB pria. Malahan kemarin, ia membuat satu terobosan, rumah-rumah pijat, atau tempat sejumlah pria berkumpul, maka di­kam­panyekan KB suami tersebut. Sementara itu, Gu­ber­nur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, pemba­ngunan daerah dan kesejahteraan ma­syarakat sangat ber­ke­pen­tingan dengan suk­ses­nya program pengen­dalian penduduk dan pem­ber­da­yaan keluarga.

 Jumlah pen­duduk yang besar dan laju pe­r­tumbuhan yang tinggi bila tidak di­imbangi dengan kualitas penduduk yang memadai, maka kese­jah­teraan ber­keadilan akan sulit dicapai.

Untuk itu, ia berpesan kepada Kepala BKKBN Sumbar beserta seluruh jajaran untuk tetap komit dan bekerja keras untuk menekan pertumbuhan pen­­duduk di Sumbar, se­hingga konsep keluarga kecil yang bahagia dan sejah­tera dapat terlaksana.

Memperluas dan men­suk­seskan program BKKBN di­perlukan pro­mosi, so­sia­lisasi dan diikuti program edukasi terus menerus untuk memberikan keyakinan pada masyarakat bahwa kehidupan keluarga yang sehat dan sejah­tera harus direncanakan de­ngan baik. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 April 2017 - 12:29:52 WIB

    Kosong Sejak 2016, Petugas Jemput Blanko e KTP ke Jakarta

    Kosong Sejak 2016, Petugas Jemput Blanko e KTP ke Jakarta PADANG,HALUAN—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang sedang melakukan penjemputan blangko E-KTP ke pusat yakni di Kota Jakarta..
  • Sabtu, 18 Februari 2017 - 09:39:08 WIB

    Penderita TBC di Padang Menurun Sepanjang 2016

    Penderita TBC di Padang Menurun Sepanjang 2016 PADANG,HALUAN — Jumlah penderita penyakit Tuberkulosis (TB) atau TBC di Kota Padang selama tahun 2016 tercatat sebanyak 841 orang. Meskipun jumlah itu menurun dari tahun 2015 lalu sebanyak 1.116 orang, namun jumlah penderit.
  • Jumat, 10 Februari 2017 - 11:04:38 WIB

    Sepanjang 2016, 237 TKI asal Padang Bekerja di Malaysia

    PADANG, HALUAN-- Selama tahun 2016, sebanyak 237 tenaga kerja asal Kota Padang diberangkatkan ke Malaysia melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS)..
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:57:26 WIB

    Selama Tahun 2016, Terjadi 378 Kasus Bencana Alam

    PADANG, HALUAN — Sepanjang bulan Januari hingga Desember tahun ini, peristiwa bencana alam meningkat 30 persen. Sepanjang tahun ini, tercatat 378 kasus dari berbagai peristiwa. Sedangkan tahun 2015 hanya sebanyak 292 kas.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:57:49 WIB

    Selama Tahun 2016, Satpol PP Tertibkan 365 Anjal

    PADANG, HALUAN — Sebanyak 365 anak jalanan (anjal) yang ditertibkan Satpol PP Kota Padang selama tahun 2016 sudah diserahkan ke Dinas Sosial. Melalui Dinas Sosial, ratusan anjal tersebut sudah diserahkan ke panti sosial, pa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]