63 Ribu Pengguna

Sumbar Sudah Darurat Narkoba


Jumat, 08 April 2016 - 15:38:11 WIB

PADANG, HALUAN —Su­matera Barat (Sumbar) sudah termasuk ke dalam wilayah darurat narkoba. Pasalnya saat ini pengguna narkoba sudah mencapai 63 ribu lebih di Sumbar. Untuk itu, di­pe­r­lu­kan keseriusan semua ka­lang­an demi menuntas peng­gunaan narkoba.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno ketika menghadiri Pe­lan­tikan DPP Gerakan Nasio­nal Peduli Anti Nar­koba (GE­­­PENTA) Sumbar ber­sama DPK GEPENTA Kabu­paten/Kota se Sumatera Barat di Istana Gubernuran kemarin (7/4).

Irwan Prayitno mengata­kan sesuai instruksi Presiden perlu bergerak bersama dan men­yatukan persepsi untuk mem­berantas narkoba. Ka­rena nar­koba sudah masuk ke semua kalangan, hingga peng­guna nar­koba di Sumbar men­capai 63 ribu lebih orang korban narkoba.

“Kami sangat men­ga­pre­siasi kehadiran GEPENTA di Sumbar semoga dapat mem­bantu pemerintah dalam me­m­berantas penggunaan nar­koba di Sum­bar, ”paparnya.

Ia menambahkan, menge­nai  tawuran dan anarkisme di Sumbar dapat dikatakan jarang terjadi. Hal ini di­karena ka­rakter masyarakat Minang yang selalu men­ye­lesaikan masalah meng­guna­kan otak dengan ber­musya­warah, bukan dengan otot atau kekerasan. Namun, peng­gunaan narkoba cukup tinggi di Sumbar.

“Saat ini pengguna nar­koba di Sumbar  mencapai 63 ribu orang, mulai orang de­wasa sampai di kalangan Ma­ha­siswa dan pelajar. Untuk itu mari kita bersama meng­han­curkan pertumbuhan angka pengguna narkoba di Sumbar. Jadikan GEPENTA di Sum­bar  sebagai percontohan di Indonesia dalam meng­gerak­kan masyarakat untuk men­jauhi narkoba dan mencegah terjadinya tawuran serta anar­kisme”, tambah Gubernur Irwan Prayitno.

Sementara itu, Ketua Um­um GEPENTA Pusat Brigjen Po (Purn) Parasian Si­ma­nung­kalit melaporkan maksud dan tujuan kegiatan ini mendorong masyarakat untuk mengetahui bahaya narkoba dan menjauhi narkoba. Sera mencegah ter­jadinya kegiatan tawuran dan anarkisme.

“Mendorong organisasi penggerak untuk melakukan sosialisasi dan berperan aktif dalam kegiatan anti narkoba, serta pencegahan tauran dan anarkisme,”paparnya.

Selain itu Brigjen Pol (Purn) Parasian Simanung­kalit berharap agar tidak ada masyarakat Sumbar yang menggunakan narkoba serta aman dan damai dari tawuran dan anarkisme. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]