Pemko Padang Pariaman Usulkan Bagindo Dahlan Abdullah Pahlawan Nasional


Jumat, 08 April 2016 - 15:44:25 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman, mengusulkan Bagindo Dahlan Abdullah sebagai pahlawan Nasional ke Pusat. Putra  Pariaman tersebut diusulkan, karena  sikap dan perjuanganya serta jasa-jasanya memperjuangkan bangsa ini melawan penjajahan.

Wakil Wali Kota Paria­man, Genius Umar, menja­wab haluan usai membuka  seminar kepahlawanan Ba­gindo Dahlan Abdullah di aula Balai Kota, Kamis (7/4),  mengatakan,  pengu­sulan gelar  kepahlawanan untuk Bagindo Dahlan Ab­dullah, sangat didukung. “Seyogianya kita sepakat mengatakan, Bagindo Dah­lan Abdullah dalah sosok yang sangat berjasa dalam memperjuangkan Indonesia merdeka dari tangan pen­jajah,” katanya.

Terkait pengusulan gelar kepahlawanan tersebut, Pe­me­ritah Kota Pariaman me­minta kepada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat untuk meneruskan usulan Pemerintah Kota Pariaman sekaligus merekomen­dasi­kan kepada Kementerian Sosial RepublikIndonesia untuk diproses.

Kegiatan seminar, salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah Kota Pariaman dalam mengenang Dahlan Abdullah.

Banyak hal dan nilai-nilai perjuangan yang bisa dipetik dan dipelajari dari sosok bagindo dahlan ab­dul­lah, untuk generasi mu­da, terutama terhadap nilai-nilai kegigihan, semangat juang, serta tekad besar dalam perjuanganya.

Disebutkan juga, peme­rintah kota Pariaman sepakat menjadikan nama Bagindo Dahlan Abdullah menjadi nama salah satu nama jalan di Pariaman.

Menurut  Genius Umar, Sabtu depan (9/4) peres­mian nama jalan Bagindo Dahlan Abdulla diresmi­kan. Peresmian nama jalan tersebut berdasarkan Pera­turan Daerah Nomor 7 ta­hun2015 tentang nama jalan yang telah disepakati ber­sama DPRD.

Senada degan itu, Dr. Gandasari Win, salah seo­rang keturunan  Bagindo Dahlan Abdullah, mengata­kan, beliau  Lahir di Pasia Pariaman pada 15 Juli 1895, dan meninggal  di ibukota Irak pada 12 Mei 1950 ketika sedang bertugas di Baghdad.

Jenazahnya dimakam­kan di kota itu, dalam kom­pleks pemakaman Syekh Abdul Kadir Jailani.

“Selama hidupnya, Dah­lan Abdullah banyak meng­habiskan waktu pendidikan di Belanda,” dan beliau sangat mencintai keluarga besarnya,” kata Dr. Gan­dasari Win, juga dosen di salah satu universitas di California Amerika Serikat.

Sementara Gusti Asnan, akademisi dari Unand, pada seminar  tersebut mengata­kan, bangsa yang besar ada­lah bangsa yang bisa meng­hargai jasa para pahla­wannya.

Menurut dia, pengu­su­lan atau pengajuan gelar kepahlawanan terhadap Ba­gindo Dahlan Abdullah, hal sudah sepantasnya.  Saat ini sudah tercatat 169 anak bangsa yang menerima gelar pahlawan nasional. (h/tri).

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]