Kedai dan Pohon Tumbang Disapu Badai


Jumat, 08 April 2016 - 15:45:16 WIB

SOLOK, HALUAN — Satu batang pohon kayu tumbang dan 4 buah kedai roboh akibat hujan badai yang terjadi di Kota Solok dan sekitarnya Rabu (6/4) sekitar pukl 16.30 WIB. Pohon kayu yang tumbang berada di pusat pasar Solok, sementara 4 buah kedai berada di Kelurahan Sinapa Piliang, 500 meter dari kantor Balai Kota Solok.

Keterangan yang dihimpun “Haluan” sore itu menyebutkan, saat hujan turun diiringi petir masyarakat mulai mengurung diri dalam rumah, begitu juga di pasar Solok yang merupakan pusat perbelajaan banyak menghentikan aktifitasnya. Tak lama berselang curah hujan makin tinggi yang diiringi angin kencang.

Saat angin kencang yang diiringi petir bersahutan, terdengar suara draaak..., rupanya pohon kayu setinggi lebih kurang 10 meter tumbang, masyarakat yang berada di sekitar pohon kayu itu langsung me­nyingkir karena batang kayu persis di pusat keramaian pasar. Di bawah pohon kayu itu merupakan kawasan parkir kendaraan roda dua, kebetulan saat itu tidak ada kendaraan yang parkir.

Sementara itu kelurahan Sinapa Piliang 4 buah bangunan yang biasanya dijadikan tempat usaha counter HP, tambal ban dan menjual makanan juga dihantam angin, atap bangunan itu copot dan diterbangkan angin. Akibat tumbangnya atap bangunan, oto­matis kedai itu rusak dan harus dilakukan rehab kembali.

Walikota Solok Zul Elfian dan Kepala bidang kesejahteraan sosial Andriyani serta tim Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Kota Solok langsung turun ke lapangan, tim BPBD dan Dinas Ke­sejah­teraan Sosial Tenaga Kerja langsung menginventarisir bangunan yang rusak. Sementara pohon kayu yang tumbang dipotong dan disingkirkan agar tidak menghambat arus lalu lintas.

Pak Walikota sudah perintahkan kami dari BPBD dan Dinas Kesejahteraan Sosial untuk membantu masyarakat yang men­dapat musibah hujan badai, tutur Andiyani kepada “Haluan” di lokasi. Menurutnya akibat hujan badai ada 4 bangunan yang rusak, besok hari ini Kamis (7/4) disalurkan bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak.(h/alf)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 11:25:37 WIB

    Korban Kebakaran Empat Petak Kedai di Gunung Medan Rugi Ratusan Juta

    Korban Kebakaran Empat Petak Kedai di Gunung Medan Rugi Ratusan Juta Efrizal (45), warga Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis (14/05), lari terbirit-birit dengan kepala yang belum selesai dipangkas bersama kain pembalut pangkas, pasalnya kedai dekat pan.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 18:39:43 WIB

    Pademi Corona, Wagub Sumbar Ingatkan Masyarakat Jaga Jarak di Kedai

    Pademi Corona, Wagub Sumbar Ingatkan Masyarakat Jaga Jarak di Kedai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit kembali menegaskan kepada seluruh lapisan masyarakat di Ranah Minang, untuk tidak main-main dengan Coronavirus Disiase (COVID-19). Penyebaran virus mematikan ters.
  • Ahad, 31 Juli 2016 - 11:57:30 WIB

    Minang Mart Ganti Nama Jadi Kedai Minang

    Minang Mart Ganti Nama Jadi Kedai Minang MATARAM, HALUAN -- Sepertinya Pemprov Sumbar tidak bisa lagi memakai kata Minang Mart untuk program usaha ekonomi rakyat kecil yang beberapa waktu lalu diresmikan. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]