Museum Hamka Jorong Batu Panjang Diminati Wisatawan


Jumat, 08 April 2016 - 15:49:29 WIB
Museum Hamka Jorong Batu Panjang Diminati Wisatawan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Jorong Batu Panjang, Sungai Batang kecamatan Tanjung Raya.

Agam, Haluan — Objek wisata museum Rumah Ke­lahiran Buya Hamka di jo­rong Batu Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya semakin di­minati wisatawan, termasuk wisatawan dari Malaysia.

Menurut Kepala Dinas Ke­budayaan dan Pariwisata Agam, Hadi Suryadi, jumlah kun­jungan wisatawan ke ob­jek wisata ini pada Januari 2016 sebanyak 175 orang, Fe­bruari (219) orang, dan Maret (173).

Museum yang menyim­pan benda-benda bersejarah Buya Hamka sejak tahun 2016 juga dilengkapi dengan rumah baca yang mengoleksi karya ulama dan pujangga terkenal itu. “Saat ini karya Hamka yang dipajang di ru­mah baca itu sebanyak 91 judul buku, satu judul terdiri atas enam eksem­plar, pe­ngunjung hanya diper­bo­leh­kan membaca buku di lokasi, namun kalau ingin dibawa pulang diperbolehkan mem­foto copynya” kata Hadi Ka­mis kemarin.

Museum rumah ke­la­hi­ran Buya Hamka merupakan pen­du­kung objek wisata sa­lingka Da­nau Maninjau yang cukup po­tensial, sekaligus pen­du­kung target arus kun­jungan wi­satawan ke Agam tahun 2016 sebanyak 500 ribu orang.

Ditambahkan Adi Sur­yadi, banyaknya pengunjung dari negara jiran Malaysia ke museum ini karena Buha Hamka hidupnya sering tam­pil berdakwah di televisi malaysia dan memperoleh gelar doktor honoris causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia. (h/ks)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:13:34 WIB

    HPN 2020, Mulyadi: Sudah Saatnya Sumbar Punya Museum Pers Indonesia

    HPN 2020, Mulyadi: Sudah Saatnya Sumbar Punya Museum Pers Indonesia PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI asal Sumbar Ir. H. Mulyadi berpendapat, sudah saatnya di Sumatera Barat digagas pembangunan Museum Pers Indonesia (MPI), sehingga jejak sejarah pers yang luar biasa di daerah ini term.
  • Rabu, 07 Februari 2018 - 10:02:55 WIB

    Pemko Sawahlunto Berharap Pembangunan Museum Adinegoro

    Pemko Sawahlunto Berharap Pembangunan Museum Adinegoro PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pembangunan monumen Adinegoro yang merupakan tokoh pers Indonesia asal Sawahlunto oleh Pemprov Sumbar yang direncanakan dengan APBD Perubahan Sumbar 2017 belum terlaksana. Pemko Sawahlunto mengharap.
  • Kamis, 30 November 2017 - 10:21:16 WIB

    Besok, Pameran Sejarah Pers di Museum Adityawarman Resmi Dibuka

    Besok, Pameran Sejarah Pers di Museum Adityawarman Resmi Dibuka PADANG, HARIANHALUAN.COM--Jika tidak ada halangan besok, Jumat (1/12) sekitar pukul 13.30 WIB Gubernur Irwan Prayitno akan membuka Pameran Sejarah Pers Nasional di Minangkabau di Museum Adityawarman..
  • Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:52:39 WIB

    Sawahlunto Kota dengan Banyak Museum

    Sawahlunto Kota dengan Banyak Museum SAWAHLUNTO, HALUAN - Selain mengupayakan berbagai situs, bangunan dan struktur sebagai cagar budaya sebagai kelengkapan Sawahlunto sebagai kota warisan dunia. Saat ini "Kota Arang" juga dikenal sebagai kota yang museum. Sejum.
  • Sabtu, 15 April 2017 - 03:37:07 WIB

    Museum Adityawarman Butuh Tenaga Ahli. Andakah Orangnya?

    Museum Adityawarman Butuh Tenaga Ahli. Andakah Orangnya? PADANG, HALUAN — Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Adityawarman saat ini sangat membutuhkan tenaga ahli. Untuk mengelola sebanyak 6.218 koleksi yang terdiri dari 10 jenis. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]