Gemes Diharapkan Tekan Angka Kecelakaan


Jumat, 08 April 2016 - 15:58:15 WIB

PADANG, HALUAN — Sesuai da­ta Global Status Report on Ro­ad Safety 2013 menunjukan  se­kitar 1,24 juta orang meninggal se­tiap tahunnya karena kece­la­ka­an di jalan raya.  Ini meru­pakan pe­nyebab kematian urutan ke de­lapan di dunia. Pada tahun 2030 bila tidak dilakukan pro­gram yang baik maka kematian akibat kecelakaan di jalan raya akan naik menjadi nomor lima di dunia.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit ketika menghadiri acara Pencanangan Gerakan Mengemudi Sehat  (Gemes) 2016 di Kabupaten Pesisir Sela­tan, Rabu (6/4) kemarin.  Acara yang dilaksanakan atas kerjasama antara pihak Pemprov Sumatera Barat, Pemda Kab. Pesisir Sela­tan, Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Dinas Perhubungan Suma­te­ra Barat, dan Kepolisian Repu­blik Indonesia ini dilaksanakan di Terminal Sago, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan ini bertu­juan mengurangi kecelakaan di jalan raya.

 “Selama ini jumlah sepeda motor terbesar ada di Pesisir Selatan ini, seiring dengan me­ning­katnya perekonomian ma­sya­rakat saat ini. Hasil Riskedas 2013 dan sesuai data yang dihim­pun Dinas Perhubungan dan Komu­ni­kasi Informasi Sumatera Barat pa­da tahun 2015 tercatat 2.157 ke­celakaan lalulintas. Hal ini me­nurun jika dibandingkan de­ngan kejadian tahun 2014 de­ngan 2.625 kasus kecelakaan. Ko­ta Padang merupakan angka ter­tinggi de­ngan 540 kejadian, di­susul Ka­bupaten Padang Paria­man 315 kejadian dan Kota Pa­ria­­man 279 keja­dian,” Tambah­nya.

Selain itu Nasrul Abit memin­ta kepada pihak yang berwenang untuk mensosialisakan penting­nya berhati-hati di jalan raya. Kemudian, masyarakat harus mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan.

 “Untuk itu dengan adanya gerakan ini kita meminta kesa­daran kepada seluruh masyarakat untuk berhati hati dalam berken­da­r­a. Kecelakaan di jalan meru­pa­kan penyebab utama kematian pada kalangan muda saat ini. Periksalah kondisi kesehatan diri, kondisi kendaraan sebelum berangkat, baik kondisi fisik kendaraan maupun surat me­nyuratnya, disamping itu guna­kanlah Helm yang memenuhi  standar,”pintanya.

Selanjutnya Eddy Djunaedi selaku Dirlantas Polda Sumbar mengatakan, pihaknya juga punya kiat terkait gerakan mengemudi sehat ini yaitu Three Siap, artinya siap dalam mematuhi peraturan berkendara, Siap dengan kondisi kendaraan, Siap dengan kondisi pengendara.

“Ini juga terkait erat dengan Kamsel (Keamanan dan Kesa­la­matan) berlalu lintas. Kami selaku instansi dari kepolisian khususnya dari fungsi lalu lintas mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pencanangan gera­kan mengemudi sehat ini. Mu­dah-mudahan dengan penca­na­ngan gerakan ini kita dapat me­ne­kan angka kecelakaan lalu lin­tas,” tutup Eddy Djunaedi. (h/ows)

si-theme-font: minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US;mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language:AR-SA'>

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]