Iswandi Muchtar

Tak Banyak Waktu untuk Keluarga Sabtu Minggu di Tengah Masyarakat


Sabtu, 09 April 2016 - 01:31:27 WIB
Tak Banyak Waktu untuk Keluarga Sabtu Minggu di Tengah Masyarakat

Sabtu dan Minggu meng­habiskan waktu di tengah ma­syarakat. Hal itu adalah suatu hal yang rutin dilakukan ang­gota DPRD Padang, Iswandi Muchtar.

Iswandi sadar betul, men­jadi wakil rakyat akan men­datangkan konsokuensi tersen­diri bagi dirinya.

Lebih banyak mengha­bis­kan hari di tengah masyara­kat, tak punya banyak waktu luang bersama keluarga, serta men­jadi tum­puan aduan atas masa­lah-masa­lah yang dihadapi konstituen. Semua memang menjadi hal yang tak bisa di­hin­dari.

Sekretaris Komisi IV DP­RD Padang, ini mengatakan awal mula mencalon sebagai anggota dewan ia sudah me­mikirkan semua risiko tadi, dan siap untuk menjalani.

“Semuanya tergantung niat, jika niat untuk maju karena ingin memperjuangkan hak-hak masyarakat, tak ada yang berat. Kuncinya dijalani  de­ngan ikhlas saja,” tuturnya pada Haluan beberapa waktu lalu.

Diakui Iswandi juga, bisa dikatakan ia memang tak pu­nya banyak waktu untuk ber­kumpul dengan anak dan istri. Namun demikian berun­tung­nya mereka paham dengan posisi sang ayah dan suami yang seorang wakil rakyat.

“Mereka tak pernah protes jika pada waktu tertentu ia harus pulang malam. Alham­dulillah orang di rumah pe­ngertian dengan apa aktivitas keseharian saya di dewan,” ceritanya.

Terkait ini, dalam me­nye­rap aspirasi di tengah kons­tituen banyak cara yang ia lakukan. Mulai dari terlibat dalam kegiatan gotong royong bersa­ma, meng­hadiri kegiatan kepemudaan, hingga meng­ikuti pengajian  anggota ma­jelis taklim. 

Ia sengaja lebih sering tu­run langsung dari pada mem­biarkan masyarakat yang men­cari dirinya. Tujuannya agar masyarakat merasa memiliki dan tidak segan menyam­pai­kan segala keluh kesah yang mereka rasakan.

Untuk menyerap aspirasi masyarakat tadi ia juga tak pilih-pilih momen. Dengan kata lain tidak hanya terfokus saat kegiatan resmi saja.

Misalnya saat pulang olah­raga di hari Sabtu atau Minggu ia kerap meluangkan waktu untuk berbincang-bincang de­ngan konstituen.

Banyak man­faat yang saya rasakan dari semua itu. Selain menyerap as­pirasi, melalui sejumlah kesem­patan tadi ia turut bisa memo­tivasi konstituen untuk aktif melakukan kegiatan-kegiatan positif.(h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]