Pengadaan Sarung

Pemko Anggarkan Rp1,07 M


Sabtu, 09 April 2016 - 03:56:00 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui Badan Kesejahteraan Masyarakat, tahun 2016 ini menganggarkan proyek lelang pengadaan kain sarung senilai Rp1,07 miliar.

Dibuka resmi di website lpse.pekanbaru.go.id, di la­man web resmi Layanan Pe­ngadaan Secara Elek­tronik (LPSE), Pekanbaru, lengkap mencantumkan ni­lai sebesar Rp1.072.800.000,00.

Kepala Bagian Kesra Pemko Pekanbaru, Idrus, dikonfirmasi, kemarin (7/4), mem­benarkan adanya pro­yek pengadaan kain sarung yang dimaksudkan. Namun terkait nilai pagu, meski jelas ditampilkan di website LPSE Pekanbaru, dirinya mengaku tidak mengetahui pasti.

“Saya tidak tau persis berapa angkanya, tapi kalau menurut saya tidak sampai segitu Rp1 miliar lebih, lupa saya jumlah persisnya,” kata Dia.

Meski menurut pe­nga­kuannya tak mengetahui pas­ti berapa besaran ang­ga­ran itu, namun Idrus me­nga­takan, untuk tahun 2016 ini memang terjadi kenaikan bila dibandingkan dengan tahun lalu.”Iya memang ada peningkatan, itu akibat dari pe­ngaruh peningkatan organisasi yang juga sema­kin bertambah, tapi sedi­kit­lah peningkatannya,” kat­a­nya lagi.

Pemko Sementara itu Kabag Humas Pemko Pe­kan­baru, M Rizal, yang juga Mant­an Kabag Kesra, me­nga­kui, saat dirinya masih menjabat di Kesra, memang ada pengadaan kain sarung itu. Akan dibagikan kepada masyarakat oleh Walikota Firdaus dan Wakil Walikota, Ayat Cahyadi, pada bulan suci Ramadan.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru H Firdaus, saat ditanya terkait per­ma­sa­lahan tak berkomentar banyak, bahkan kembali menanyakan permasalahan kepada wartawan.”Terus kain sarungnya kenapa? Se­karang banyak no­minalnya atau banyak sarungnya? Saya kira itu teknis, jadi saya rasa tidak perlu untuk di­komentarilah, terima kasih ya,” ujarnya singkat.

Sementara itu, kalangan DPRD Kota Pekanbaru me­nilai, sangat tidak lazim, ketika Pemerintah Kota Pekanbaru, dengan berani menghamburkan APBD un­tuk kegitan yang tidak ber­manfaat bagi masyarakat.

“Sangat tidak lazim, ke­tika anggaran di Pemko mengalami krisis. Bahkan ke­uangan daerah me­nga­lami defisit hampir Rp1 triliun, Pemko bisa-bisanya membuat anggaran pe­nga­daan kain sarung. Artinya bukan memikirkan ke­se­jah­teraan masyarakat, namun lebih kepada pencitraan. Karena nilai Rp1 miliar tersebut adalah angka yang cukup besar,”ujar Anggota DPRD Pekanbaru, Yose Saputra saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (7/4).

Menurut Yose dengan pe­ngadaan barang yang je­nis­nya dinilai tidak me­nyen­tuh pada masyarakat ini, jelas suatu upaya pem­bo­hongan terha­dap ma­sya­rakat. Jika Pemko berpihak pada masyarakat, kata Poli­tisi Golkar ini,  tentu  lebih mementingkan kegitan yang bermanfaat.

“Kita meminta agar Pem­­ko kembali melakukan ka­jian ulang, dalam pen­gadaan proyek yang kita nilai tidak berguna ini. Ka­lau hanya kain sarung, ma­sya­rakat rata-rata memiliki. Kita perlu pertanyakan, apa manfaatnya, jika bukan ha­nya kepentingan pencitraan kepala daerah untuk meng­hadapi Pilkada,” ujar Yose Saputra. (her/ben)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 22:48:54 WIB

    Pemko Padang Fokus Benahi Fasilitas Objek Wisata

    Pemko Padang Fokus Benahi Fasilitas Objek Wisata PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang terus berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pariwisata. Salah satu caranya adalah dengan memberi kenyamanan kepada masyarakat di kawasan objek wisata, ag.
  • Selasa, 05 September 2017 - 02:01:20 WIB

    Pemko Pekanbaru Sudah Raih Investasi Rp4,2 Triliun…

    Pemko Pekanbaru Sudah Raih Investasi Rp4,2 Triliun… PEKANBARU, HALUAN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menargetkan investasi sebesar Rp4,7 triliun sepanjang 2017. Hingga pada triwulan ketiga 2017 ini, investasi s.
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:10:36 WIB

    Pemko Pekanbaru Belum Lunasi Tunggakan PJU

    Pekanbaru, Haluan — PT PLN (Persero) memutuskan jaringan listrik lampu jalan di Kota Pekanbaru akibat peme­rin­tah daerah setempat belum me­lu­nasi tunggakan penerangan jalan umum atau PJU, yang sudah jatuh tempo sesuai.
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:11:22 WIB

    Pemko Batam Pastikan Proyek Jalan 2016 Selesai

    Batam, Haluan — Peme­rintah Kota (Pemko) Batam Kepulauan Riau memastikan seluruh proyek jalan dengan sum­ber pembiayaan dari APBD 2016 telah selesai sesuai dengan target. Selanjutnya, pemerintah tinggal menyelesaikan pem.
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:38:45 WIB

    Pemko Batam Akan Lantik 400 Pejabat

    Batam, Haluan—Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau akan melantik lebih dari 400 pejabat berbagai eselon di akhir tahun, demi memastikan semua bekerja sesuai Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]