Bupati Irdinansyah Ajak Pemuda Belajar Alua Pasambahan


Sabtu, 09 April 2016 - 04:40:59 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi meminta generasi muda dapat belajar adat “alua pasam­bahan”,  guna memperdalam pema­haman tata cara adat menyangkut tatakrama kehidupan sehari-hari.

“Kita meminta generasi muda dapat belajar adat alua pasambahan sebagai ajang pembelajaran ter­hadap budaya tradisi leluhur,” kata­nya di Batusangkar Jum’at (8/4).

Menurut Bupati H.Irdinansyah Tarmizi, ajang lomba Alua Pasam­bahan dapat dijadikan sebagai lokasi pembelajaran dalam mem­praktekkan kegiatan pasambahan  yang hingga kini masih dilakukan warga di setiap nagari.

Contohnya, menggunakan em­pat tingkatan perkataan dalam berinteraksi seperti kato mandata (kata mendatar), kato manurun (kata menurun), kato malereng (kata melereng) dan kato mandaki (kata mendaki), dimana semua makna dan isinya bisa menjadi pedoman dalam menjalani kehi­dupan sehari-hari, jelasnya.

Sebagai orang Minankabau akan malu seandainya tidak bisa me­warisi adat dan budaya nenek mo­yang yang telah ada sejak dulu dan kini harus diwarisi dalam kehidupan keseharian.

Untuk itu, ia berharap masya­rakat dapat membiasakan diri un­tuk memakai prosesi adat dalam setiap acara yang dilaksanakan, jangan hanya dalam acara tertentu saja seperti acara pernikahan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Tanah Datar, Marwan mengatakan lomba “alua pasambahan” bagi siswa SLTA ini bertujuan membina generasi muda agar mereka mengetahui adat dan budaya Minang. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]