Sitiung Lestarikan Budaya dan Kesenian Minang


Sabtu, 09 April 2016 - 04:41:14 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Jorong Sitiung, Kenagarian Sitiung, terus melestarikan budaya dan kesenian Minang melalui beberapa kegiatan kepada generasi muda setempat.  Melalui Sanggar Seni dan Budaya,  kawula muda berlatih randai, saluang dan pencak silat  tradisi. Mereka bahkan juga  belajar pidato pasambahan.

Kepala Jorong Sitiung, Mansurdin, kepada Haluan, di Kantor Wali Nagari Sitiung,  Jumat (8/4)  mengatakan,  me­les­tarikan budaya Minang ini bertujuan agar generasi muda tidak terdampar ke dalam budaya asing yang bernilai negatif, apalagi bagi generasi muda sekarang ini, karena mereka calon pemimpin bang­sa dimasa depan.

Mansurdin mengatakan, dengan melibatkan generasi muda dalam melestarikan bu­daya Minang yang beragam   akan dapat membentuk katak­ter mereka.”Generasi muda itu akan bisa mengamalkan nilai-nilai luhur, sehingga akan melahirkan pemuda berjiwa seni dan berkepribadian yang baik, serta mencintai adat dan budayanya sendiri,” imbuhnya.

Di tambahkannya, kegiatan seni budaya tersebut diako­modasi oleh sanggar seni buda­ya, yang mengadakan sejumlah kegiatan seperti pencak silat, Randai dan pidato adat, ke­giatan itu, dilaksanakan satu atau dua kali dalam sepekan dengan hari yang berbeda satu dengan kegiatan lainnya.

Untuk kesenian Randai terangnya, diikuti kurang lebih 22 orang. Begitu  juga peserta silat maupun pidato adat.Maka, dengan peserta yang cukup banyak tersebut kata dia, Na­gari Sitiung membutuhkan gedung serbaguna untuk mela­kukan berbagai kegiatan po­sitif. “Termasuk kegiatan peles­tarian budaya Minang terse­but,” tukuknya.

Sedangkan Wali Nagari Sitiung, Syarifuddin, menam­bahkan, kesenian Minang yang dilestarikan tersebut sudah banyak ditampilkan di setiap berbagai acara, bahkan telah sampai ke daerah Jambi mau­pun Solok sekitarnya.

Apalagi di Kabupaten Dhar­masraya ini terdiri dari banyak suku, daerah yang mas­ya­rakatnya berasal dari berba­gai daerah.jadi masyarakat setempatlah yang harus kuat dalam mempertahankan adat budaya maupun kesenian minang ini. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 20:31:33 WIB

    156 Warga Sitiung Masuk Daftar ODP Corona

    156 Warga Sitiung Masuk Daftar ODP Corona DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dua orang warga Dharmasraya yang masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah warga Kecamatan Sitiung. .
  • Senin, 16 Desember 2019 - 20:58:00 WIB

    Pekan Depan, Jembatan Sitiung yang Putus Dihantam Banjir Kembali Berfungsi

    Pekan Depan, Jembatan Sitiung yang Putus Dihantam Banjir Kembali Berfungsi DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Gerak cepat yang dilakukan Dinas PUPR Dharmasraya untuk berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Sumbar menanggulangi jembatan Sitiung yang putus tiga hari lalu akibat dihantam banjir. Buktinya.
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:38:17 WIB

    SD se-Sitiung Sediakan Makanan Tambahan

    SD se-Sitiung Sediakan Makanan Tambahan DHARMASRAYA, HALUAN — Seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Sitiung, melaksanakan program penyediaan makanan tambahan di masing-masing sekolah. Ma­kanan tambahan tersebut berupa susu dan buah selama seminggu yang mul.
  • Jumat, 23 September 2016 - 03:06:32 WIB

    Bupati Tinjau Puskesmas Sitiung

    Bupati Tinjau Puskesmas Sitiung DHARMASRAYA, HALUAN — Dari tiga program andalan pemerintah, salah satunya adalah masalah kesehatan persoalan kese­hatan merupakan bentuk layanan dasar kepemerintahanan. Itulah sebabnya, layanan kesehatan kerap kali menjadi.
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 11:17:27 WIB

    Siswa dan Siswi SMAN 1 Sitiung Kembali Toreh Prestasi

    Siswa dan Siswi SMAN 1 Sitiung Kembali Toreh Prestasi DHARMASRAYA, HA­LUAN — Diawal tahun ajaran baru ini, SMAN 1 Sitiung kembali me­norehkan prestasi, tiga orang muridnya meraih juara pada lomba karya ilmiah Astra Honda Motor Best Stu­dent dan juara pelatihan kepemimpinan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]