Peringatan Hari Hutan Internasional

Wako: Jaga Hutan dan Tanamlah Pohon


Sabtu, 09 April 2016 - 04:55:30 WIB

PADANG, HALUAN — Walikota Padang H. Mahyeldi Datuak Marajo mengimbau masyarakat untuk mempertahankan pohon yang ada dan agar terus melakukan penanaman pohon pada lahan-lahan kosong.

Ia menyebut, hutan yang ada saat ini sudah tidak optimal lagi menahan air. Terbukti pada musim penghujan rentan terjadi banjir dan sebaiknya pada musim kemarau sungai-sungai mengering.

“Hutan kita tidak mampu lagi menyerap air sehingga mudah terjadi banjir pada musim hujan, sedangkan saat kemarau sungai-sungai kita cenderung kering,” ujar Mahyeldi kepada wartawan usai kegiatan peringatan Hari Hutan Internasional dan Hari Bakti Rimbawan 2016 di SMPN 28 Padang, Kuranji, Jumat (8/4).

Menurutnya, jika tidak di­an­tisipasi dengan menanam pohon baru dan memelihara hutan yang sudah ada, dikhawatirkan bencana banjir bandang dan longsor yang lebih besar akan terus mengancam ibukota Provinsi Sumatera Barat ini.

“Disamping menanam pohon baru sebanyak mungkin di lahan-lahan kosong, kepedulian ma­sya­rakat untuk menjaga hutan yang sudah ada pun harus ditingkatkan. Jangan sampai merusak hutan, sehingga hutan gundul dan ling­kungan jadi rusak,” katanya.

­Lebih lanjut ia mengatakan, lahan pertanian berupa sawah dan ladang yang masih tetap dikelola ma­syarakat di Kota Padang sejogyanya tidak beralihfungsi agar keseimbangan tetap terjaga. Pe­nanaman pohon-pohon pro­duktif harus terus digalakkan supaya bermanfaat untuk peng­hasilan masyarakat sekaligus men­jaga keseimbangan ling­ku­ngan.

“Tanamlah pohon produktif supaya membawa manfaat te­r­hadap ekonomi  dan ling­ku­ngan,” tukas­nya. Pada kesempatan ini Walikota Pa­dang menyerahkan secara sim­bolis 10 unit ‘hand­tractor’ kepada sepuluh kelompok tani di Kota Padang. Penyerahan alat per­tanian tersebut guna men­dukung petani bisa meningkatkan pro­duksi pertanian. (h/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 09:51:47 WIB

    Wako: Mari Sukseskan HPN 2018

    Wako: Mari Sukseskan HPN 2018 PADANG, HARIANHALUAN.COM--Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 akan digelar di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) 8-9 Februari 2018 nanti. Menyikapi itu, Pemerintah Kota Padang sejak jauh hari bertekad memberikan andi.
  • Sabtu, 20 Januari 2018 - 11:04:00 WIB

    Wawako: Basko Berkontribusi Besar untuk Kota Padang

    Wawako: Basko Berkontribusi Besar untuk Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM– Wakil Walikota Padang Emzalmi prihatin atas eksekusi bangunan Basko Hotel dan Mall yang terjadi Kamis (8/1). Basrizal Koto menurut Emzalmi adalah sosok yang berjasa dalam membangun dunia usaha dan .
  • Selasa, 05 September 2017 - 02:07:56 WIB

    Wako: Muslim Rohingya Butuh Dukungan

    Wako: Muslim Rohingya Butuh Dukungan PADANG, HALUAN--Kaum muslim Rohingya di Myanmar mendapat perlakuan kekerasan selama ini. Nyawanya dihilangkan oleh sejumlah kelompok di Myanmar yang notabene beragama Budha..
  • Selasa, 11 Juli 2017 - 22:35:22 WIB

    Wako: Dirut PDAM Bakal Diganti, Muswendri Ditarik ke Pemko

    Wako: Dirut PDAM Bakal Diganti, Muswendri Ditarik ke Pemko PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengaku dalam waktu dekat akan segera mengganti Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Muswendri Evytes..
  • Selasa, 13 September 2016 - 03:19:23 WIB

    Wawako: Idul Adha Momentum untuk Berkurban

    Wawako: Idul Adha Momentum untuk Berkurban PADANG, HALUAN—Wakil Wali­kota Padang Emzalmi mengajak seluruh warga Kota Padang menja­dikan Idul Adha 1437 H sebagai momentum untuk berkurban. Tidak saja berkurban dalam bentuk materi akan tetapi juga immaterial..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]