Pembenahan Pasar Raya

Pemko Diberi Tenggat Sampai Mei


Sabtu, 09 April 2016 - 04:57:06 WIB

PADANG, HALUAN —  Komisi II DPRD Padang mendorong pembenahan Pasar Raya Padang bisa diselesaikan dengan segera. Sekitar Rp40 miliar dianggarkan pada APBD induk Kota Padang 2016 sekarang.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Padang Yulisman menyebut, pembenahan pa­sar raya menjadi perhatian karena merujuk pada janji pasangan Mahyeldi-Emzal­mi (Emzalmi) yang akan membenahi pasar raya da­lam kurun waktu dua tahun.

Tenggat waktu walikota untuk membenahi Pasar Raya akan jatuh pada Bulan Mei mendatang.

“Membenahi Pasar Ra­ya memang bukan pe­ker­jaan yang ringan. Kendati de­mikian Pemko kita do­rong agar berupaya se­mak­simal untuk segera me­rea­lisasikan janji yang dulu disampaikan walikota,” ujar Yulisman pada Haluan, Jumat (8/4).

Dikatakan, akan ada ba­nyak manfaat yang didapat jika pembenahan bisa dise­gerakan.  Selain bisa membuat pe­ngu­n­jung nyaman, jika pem­benahan selesai tempat pe­dagang berjualan juga bisa lebih tertata. Dengan de­mi­kian kondisi pasar raya yang se­merawut pasca gem­pa juga tidak akan terlihat lagi.

Untuk DPRD sendiri, tambah dia, pihaknya men­dukung segala upaya yang dilakukan untuk pemko padang untuk menata pasar terbesar yang ada di Kota Padang tersebut.

Dukungan diberikan da­lam bentuk penganggaran yang disediakan di APBD. Baik itu di APBD induk maupun APBD perubahan.

Jika masih belum tuntas sampai Mei mendatang, lan­jutnya, DPRD akan mem­­beri tambahan waktu pada Pemko menyelesaikan hing­ga De­sember 2016. “Meskipun akan ada pe­nambahan waktu DPRD ber­harap Pemko bisa me­nye­lesaikan dengan se­gera,” tuturnya.

Politisi Fraksi De­mo­krat ini menyebut, beberapa hal menjadi alasan DPRD memberi perpanjangan wak­tu sampai Desember.  Di­an­taranya terkait per­soalan anggaran yang me­mang ter­batas. Kemudian adanya persoalan kon­trak­tor nakal yang sempat mem­buat pem­ba­ngunan pa­sar menjadi ter­kendala.

Sementara itu, Se­kretaris Komisi II DPRD Pa­dang, Jumadi me­nye­butk­an, ka­rena keterbatasan anggaran yang dimiliki pe­nye­lesaiaan pem­benahan pa­sar raya me­mang tak bisa secepat yang diha­rapkan. Ka­renanya DPRD juga ti­dak akan me­lihat pe­ny­e­le­saian ber­da­sar­kan hi­tungan bulan, namun lebih pada hitungan tahun. “Jika merujuk pada hi­tungan bu­lan, dua tahun janji wali­kota itu jatuhnya memang Mei men­datang. Tapi APBD kita kan ter­batas, anggaran tak bisa sepenuhnya di fo­kus­kan ke Pasar Raya. Kita akan do­rong pembenahan se­lesai akhir 2016,” papar Jumadi.

Dikatakan sejak awal pem­benahan hingga se­ka­rang, anggaran yang telah di­habiskan untuk membangun Pasar Raya berada dikisaran Rp200 miliar lebih. Sumber pendanaan be­rasal dari APBD dan APBN.

“Tahun 2016 sekarang kita anggarkan sekitar 40 miliar lagi. Diharapkan akhir tahun pembenahan selesai, sehingga awal 2017 Pasar Raya telah tertata dengan baik,” pungkas Ju­madi. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]