Lewat Lagu Berantas Korupsi


Senin, 11 April 2016 - 04:05:22 WIB
Lewat Lagu Berantas Korupsi Ratusan anak-anak dari berbagai Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kota Padang ini asyik mengikuti berbagai rangkaian kegiatan peluncuran lagu anak-anak hebat anti korupsi yang diprakarsai oleh ICW dan Integritas, Minggu (10/4).

PADANG, HALUAN — Beragam cara dilakukan elemen dan pihak yang peduli , akan budaya anti korupsi. Kampanye , untuk menya­darkan pentingnyta nilai-nilai anti korupsi saat ini  makin beragam dan kreatif.

Tidak terbatas,  hanya pada slogan dan tulisan, gera­kan itu sudah mulai meng­gunakan media musik dan lagu sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dan gagasan anti korupsi.

Gerakan ini sendiri,  dica­nangkan oleh Indonesia Cor­rup­tion Watch (ICW) dimana pada 12 Maret 2016 lalu. Dimana,  10 lagu berhasil diluncurkan oleh ICW de­ngan album anti korupsi yang berjudul Lagu Anak Hebat.

Untuk di Padang, ICW menggandeng lembaga anti korupsi Integritas yang dise­lenggarakan di Hotel Axana Jalan Bundo Kanduang pada Minggu (10/4).

“Isi dari album ini,   menu­runkan gagasan dan nilai-nilai anti korupsi yang sering disua­rakan oleh Komisi Pem­be­rantasan Korupsi (KPK). Lewat lagu ini, anak-anak dikenalkan dengan nilai jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil,” kata Koordinator Integritas, Arief Paderi.

Menurutnya, pemilihan media musik  bagian dari usaha menurunkan isu anti korupsi yang berat dan hanya bisa dikonsumsi orang de­wasa, menjadi  ringan dan  dimengerti anak-anak.

“Pembuatan album ini,  ju­ga ditujukan  mengisi keko­so­ngan lagu khusus anak-anak di ­tanah air. Kondisi kini,  cu­kup memprihatinkan, anak-anak sering me­nya­nyi­kan lagu orang dewasa yang ten­tu saja tidak baik untuk per­kem­bangan anak,” ung­kap­nya.

Adapun,  10 lagu anti ko­rup­si untuk anak-anak yang dilucurkan diantaranya, tepat waktu, taat, Indonesia ku cin­ta, berbagi itu indah, mainan bersama, super hero, sabar, antri masuk kelas, aku anak Indonesia, dan pemberani.

Kegiatan ini,  tidak hanya mengajak anak-anak untuk bernyanyi lagu anti korupsi, tetapi juga mengadakan lom­ba mewarnai dan diskusi orang tua untuk bersikap anti korupsi.

Kegiatan ini, diikuti  10 Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kota Padang diantaranya dari TK Pertiwi Padang, TK Adzkia, TK Tel­kom, TK Adiyaksa, TK Ai­syah 5, TK Kalam Kudus, TK DEK,  TK Kartika, TK Pla­net KID, TK Penabur, dan Rumah Taman Ombak juga ambil andil dalam kegiatan tersebut. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]