Wako Dorong Masyarakat Bangun Kreativitas


Senin, 11 April 2016 - 04:05:56 WIB
Wako Dorong Masyarakat Bangun Kreativitas

PEKANBARU, HALUAN — Dalam rangka mening­kat­kan perekonomian kerak­yatan, Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, terus men­dorong masyarakat pelaku usaha untuk membangun kreativitas dan inovasinya. Terlebih bagi Sumber Daya Manusia yang belum me­miliki bekal strata pen­didi­kan, karena tanpa ada nilai kreatif sangat merugikan diri sendiri.

Banyak usaha yang bisa dijalankan dan meng­hasil­kan nilai ekonomis berupa uang, tak terkecuali ter­hadap sampah yang disulap menghasilkan sumber pen­dapatan. Dalam berwira usaha, berfikir kreatif ada­lah landasan yang paling penting dalam membangun sebuah usaha. Meski tidak begitu besar, tapi hal itu sangat perlu memandang dunia usaha saat ini syarat dengan penuh persaingan.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

“Pemikiran kreatif ber­hu­bungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta pe­nemuan peluang bisnis. Pola pemikiran kreatif juga dibu­tuhkan untuk meng­gambarkan keadaan masa depan, karena seorang wira­usaha akan beroperasi, juga akan memberikan gam­ba­ran yang tidak dapat diha­silkan oleh eksplorasi ter­hadap trend masa kini,” kata Walikota Firdaus, saat me­lakukan kunjungan ke Ga­leri D’Kreasi Batik, Pekan­baru dan Pemben tukan Koperasi UMKM Selem­bayung, Jumat (8/4).

Disebutkannya, setiap orang yang sudah terjun dalam dunia bisnis harus mempunyai jiwa dan sema­ngat kewirausahaan untuk mendukung keberhasilan bisnis. Sangat diperlukan orang-orang yang bersifat kreatif dan inovatif, yang mana inovatif seorang wira­u­sahawan merupakan pro­ses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.

Baca Juga : Sejak Awal Lebaran, Masuk ke Pantai Tiram Berbayar

Seperti Sanggar Galeri D’ Kreasi Batik Pekanbaru yang hanya diawali dari proses latihan-latihan mem­batik kepada Ibu-ibu rumah tangga setempat. Seiring berjalan waktu usaha itu terus berkembang selanjut­nya dibentuk menjadi ke­lom­pok-kelompok mem­batik, dengan corak Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau.

“Dengan adanya ke­lom­pok usaha membatik ini, setidaknya membantu roda perekonomian dan mengu­rai kemiskinan, karena pe­nger­jaannya dilakukan di lokasi praktik dan sete­rusnya dapat dipasarkan. Denag sepuluh orang karya­wan, artinya perekonomian mereka tentu akan me­ning­kat,” kata wako lagi.

Usaha yang dirancang Khairuddin Pulungan, terus menampakkan pertum­bu­han kemajuan dan patut dicontoh masyarakat untuk  meningkatkan pereko­no­mian. Tak mesti dengan mwembuka usaha batik, namun juga bisa diwujudkan dengan membuka usaha bidang lain sesuai dengan keingginan, dengan tetap mengedepankan kreativ dan inovatif.

Untuk D Kreasi, Firdaus terus memberikan ruang untuk mempromosikan hasil usaha membatik agar lebih dikenal, dan juga bisa dicon­toh masyarakat lain, dengan salah satu cara yakni melakukan bazar.  (h/hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]