Tim Terpadu Bongkar 30 Kios Liar


Senin, 11 April 2016 - 04:06:52 WIB
Tim Terpadu Bongkar 30 Kios Liar PENERTIBAN yang dilakukan Tim Terpadu Pemko Batam Jumat (8/4) di Bengkong, berhasil membongkar 30 kios liar.

BENGKONG, HALUAN — Tim Terpadu Pemko Batam membongkar paksa 30 kios liar di kawasan perumahan Tripicana Ocarina, Jumat (8/4). Pembongkaran itu berjalan lancar tanpa perlawanan dari pemilik.

Dengan menggunakan linggis dan martil, tim terpadu menghancurkan dinding kios yang dibangun setengah permanen itu. Setelah dinding tersebut hancur, tim terpadu merobohkan tiang-tiang yang menjadi penyangga. Dalam sekejab, bangunan tersebut rata dengan tanah.

Menurut Daeng, salah seorang pemilik kios, dirinya sudah membayar Rp60 juta kepada salah seorang oknum LSM untuk memiliki kios tersebut. Tapi baru akan ditempati sudah dihancurkan.

“Bangunan sudah rata dengan tanah, sementara uang sudah terlanjur diberikan. Kami akan berkomunikasi dengan pengurus agar uang dikembalikan,” kata Daeng yang ditemui, Jumat (9/4).

Kata dia, kios-kios liar semi permanen yang berdiri di sisi jalan itu dijual dengan harga beragam mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 60 juta.

Di tempat yang sama, seseorang yang mengaku pemilik Rumah Makan Arai Pinang mengaku membeli sebesar Rp100 juta untuk dua kios.

Selain itu, di kios yang sudah mulai ditempati para pedagang mengaku kecewa dengan pengurus yang mengatakan kios mereka tidak bakal digusur.

“Dulu saya beli dua kios Rp 100 juta, dan baru mulai berjualan,” kata Dia.

Namun, ia mengaku pasrah walaupun kiosnya akan digusur pekan depan. “Mau gimana lagi. Saya sudah pasrah saja, mau dilapor, lapor sama siapa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Batam Hendri mengatakan, pembongkaran kios liar ini sudah sesuai prosedur dan enam bulan kedepan seluruh kios liar yang berdiri di lahan hijau akan dibongkar.

Ia mengatakan, setahun lalu sudah diingatkan bahwa tidak ada lagi pem­bagunan kios karena statusnya liar, namun mereka tidak mengindahkan.

“ Kalau kios sebelah Minggu depan kita tertibkan dan tidak ada perbedaan,”ujarnya.

Ia menjelaskan, 30 kios ini tidak ada izin dan mereka hanya ada izin taman dari BP Batam dan jelas menyalahi aturan. (h/par)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 November 2016 - 23:30:47 WIB

    Jalan Lintas Riau-Sumbar Tertimbun Longsor

    KUOK, HALUAN — Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat sempat terputus akibat tertimbun longsor, Senin (14/11) dini hari kemarin. Kondisi itu terjadi setelah ka­wasan itu diguyur hujan deras sepanjang Minggu (13/11) malam..
  • Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:00:45 WIB

    Pemprov Kepri Akan Terus Optimalkan PAD

    TANJUNGPINANG, HALUAN — Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terus berupaya mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi dan pajak daerah..
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:33:20 WIB
    SP3 KASUS KEBAKARAN HUTAN

    Tim Investigasi Mabes Polri Sampai di Pekanbaru

    PEKANBARU, HALUAN — Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia diketahui telah mem­bentuk Tim Investigasi terkait pener­bitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas 15 perusahaan yang diduga terlibat kasu.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:09:19 WIB

    Kualitas Buruk, Warga Bintan Timur Kembalikan Raskin

    Kualitas Buruk, Warga Bintan Timur Kembalikan Raskin BINTAN, HALUAN — Warga dari kelurahan yang ada di Kecamatan Bintan Timur, berbondong-bondong menenteng karung beras untuk mengembalikan beras miskin (raskin) yang dibagikan dari pihak Kelurahan Gunung Lengkuas dan Kelurahan.
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 03:25:19 WIB

    Janji Menko Maritim, Rp 4,7 Triliun Pasti untuk Natuna

    NATUNA, HALUAN — Ketua Umum Partai Golkar mengaku telah mempertanyakan kepastian anggaran sebesar Rp 4,7 triliun untuk percepatan pembangunan Natuna kepada Menko Maritim, Luhut Binsar Pan­jaitan. Anggaran itu sudah dijamin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]