SMKN 2 Solsel Beternak Ayam Pedaging


Senin, 11 April 2016 - 04:09:20 WIB
SMKN 2 Solsel Beternak Ayam Pedaging

SOLSEL,HALUAN—Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Solok Selatan (Solsel) capai omzet Rp2 juta per bulan dari hasil budidaya ternak ayam pedaging. SMKN 2 Solsel merupakan sekolah keju­ruan peternakan dan perkebunan.

“Saat ini kita menggunakan dua lokal yang tidak terpakai sebagai kandang ayam pedaging dengan jumlah seratus ekor. Tapi hasil produksi tidak stagnan di angka Rp2 juta. Kadang bisa turun, tergantung kondisi ternak,” kata Kepala SMKN 2 Solsel, Ida Nofatni saat ditemui Haluan, (8/4).

Selain melakukan budidaya ayam pe­daging juga budidaya ayam petelur. “Untuk ayam petelur saat ini berjumlah 170 ekor. Tiap hari mampu memproduksi sedikitnya 90 butir telur ayam,”tambahnya.

Menurutnya, hasil produksi peternakan yang diperoleh akan dipergunakan kembali untuk biaya perawatan dan pakan ternak. Sedangkan untuk melakukan perawatan dilibatkan dua orang siswa tiap harinya secara bergantian.

Ia mengakui jika SMKN 2 Solsel masih terkendala dengan jumlah ruang praktek ataupun ruang produksi untuk praktek siswa sehingga untuk budidaya ternak diper­gunakan ruang kelas yang tidak terpakai.

Sedangkan untuk jumlah guru produktif saat ini pihaknya juga terkendala dengan jumlah guru.”Kita hanya memiliki satu guru produktif yang pegawai negeri. Sementara harus mengajar di tiga kelas,”katanya. (h/jef)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]