SMKN 2 Solsel Beternak Ayam Pedaging


Senin, 11 April 2016 - 04:09:20 WIB

SOLSEL,HALUAN—Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Solok Selatan (Solsel) capai omzet Rp2 juta per bulan dari hasil budidaya ternak ayam pedaging. SMKN 2 Solsel merupakan sekolah keju­ruan peternakan dan perkebunan.

“Saat ini kita menggunakan dua lokal yang tidak terpakai sebagai kandang ayam pedaging dengan jumlah seratus ekor. Tapi hasil produksi tidak stagnan di angka Rp2 juta. Kadang bisa turun, tergantung kondisi ternak,” kata Kepala SMKN 2 Solsel, Ida Nofatni saat ditemui Haluan, (8/4).

Selain melakukan budidaya ayam pe­daging juga budidaya ayam petelur. “Untuk ayam petelur saat ini berjumlah 170 ekor. Tiap hari mampu memproduksi sedikitnya 90 butir telur ayam,”tambahnya.

Menurutnya, hasil produksi peternakan yang diperoleh akan dipergunakan kembali untuk biaya perawatan dan pakan ternak. Sedangkan untuk melakukan perawatan dilibatkan dua orang siswa tiap harinya secara bergantian.

Ia mengakui jika SMKN 2 Solsel masih terkendala dengan jumlah ruang praktek ataupun ruang produksi untuk praktek siswa sehingga untuk budidaya ternak diper­gunakan ruang kelas yang tidak terpakai.

Sedangkan untuk jumlah guru produktif saat ini pihaknya juga terkendala dengan jumlah guru.”Kita hanya memiliki satu guru produktif yang pegawai negeri. Sementara harus mengajar di tiga kelas,”katanya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Mei 2017 - 02:23:15 WIB

    SMKN 1 Bukittinggi Optimis Raih Adiwiyata Nasional

    SMKN 1 Bukittinggi Optimis Raih Adiwiyata Nasional BUKITTINGGI, HALUAN – Jelang penilaian Adiwiyata Nasional, SMKN 1 Bukittinggi terus berbenah. Sekolah yang telah sukses meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi pada tahun 2016 tersebut, tak henti-hentinya mela.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 00:33:37 WIB

    SMKN 1 Wakil Solsel untuk Tingkat Provinsi

    SOLSEL, HALUAN — SMKN 1 Solok Selatan (Solsel) terpilih mewakili Kabu­paten Solsel melaju ketingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) setingkat SMA/sederajat..
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:09:10 WIB

    SMKN 1 Solsel Halal bi Halal

    SMKN 1 Solsel Halal bi Halal SOLSEL, HALUAN — Kepala SMKN 1 Solok Selatan (Solsel), Novrizon me­ngatakan, untuk mewujudkan hubungan yang harmonis, diperlukan adanya sila­turrahmi. Sebab silaturrahmi tidak ada batas waktu. Setidaknya hal ini disam­p.
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 03:18:20 WIB

    187 Siswa SMKN 1 Ikuti Prakerin

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Jelang tutup semester genap, SMKN 1 Sawahlunto kembali mengirim 187 siswanya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Pra­kerin) di berbagai dunia usaha, industri dan pemerintahan tersebar diwilayah .
  • Selasa, 26 April 2016 - 02:52:02 WIB

    SMKN 2 Guntal Siapkan Lulusan Siap Saing

    AROSUKA, HALUAN—Me­nyadari pentingnya ke­mam­puan lulusan, SMKN 2 Gunung Talang menerapkan proses dengan menge­depan­kan praktek dibanding teori. Dalam Proses Belajar Me­ngajar (PBM), hanya se­kitar 35 persen bicara .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]