AKN Solsel Kini di Bawah Dikti


Senin, 11 April 2016 - 04:10:32 WIB
AKN Solsel Kini di Bawah Dikti Ko­ordinator AKN Solsel, Eza­wati.

SOLSEL,HALUAN— Aka­demi Komunitas Negeri (AKN) Solok Selatan (Sol­sel) berdasarkan hasil veri­fikasi Direktorat pendi­dikan tinggi (Dikti) pada 2017, jadi akademi yang mandiri atau langsung di bawah kewenangan Dikti.

Hal itu dikatakan Ko­ordinator AKN Solsel, Eza­wati saat ditemui Halu­an, Jumat,(8/4) diruang kerja­nya.”AKN Solsel salah satu akademi yang ada di Su­matera Barat yang akan di mandirikan, artinya penge­lolaan yang sebelumnya dibawah kewenangan Poli­teknik Negeri Padang pada 2017 akan dikelola secara mandiri oleh pemerintah Solsel,”terangnya.

Indikator sebagai pe­nentu AKN Solsel bisa men­jadi akademi yang mam­pu mandiri adalah ka­re­na antusias masyarakat sangat tinggi serta kepe­dulian pemerintah Solsel. Sebab, masyarakat di Na­gari Lubuk Malako berse­dia menghibahkan tanah mereka untuk pendirian kampus.”Selain itu, animo pelajar tiap tahun juga me­nga­lami peningkatan untuk menempuh pendidikan di AKN Solsel,”tambahnya.

Kemudian, berdasarkan prestasi mahasiswa yang telah diwisuda pada ang­katan pertama sebanyak 90 orang. Tiga orang dian­taranya telah berhasil lulus seleksi dan melanjutkan pendidikan ke Southeast Asian Ministers of Edu­cation Organization (SE­AMO).

Ia menambahkan, AKN Solsel merupakan salah satu akdemi komunitas yang bisa dibilang cukup mendapatkan perhatian dari Dikti karena ada be­berapa AKN di Sumbar yang ditutup sebab tidak terpenuhinya syarat peni­laian. Jumlah mahasiswa yang mengikuti pendidikan setiap tahunnya cendrung menunjukkan trend pening­katan, hal itu menunjukkan keberadaan AKN Solsel memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Dijelaskan Ezawati, per­kuliahan AKN Solsel secara resmi telah dimulai semenjak tanggal 20 Ok­tober 2013 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 120 orang untuk 3 Program Studi Diploma II yakni Teknik Listrik, Teknik Kom­puter Jaringan dan Akun­tansi.

Sedangkan sampai 2015 AKN Solsel telah menam­pung sebanyak tiga ang­katan, pada angkatan kedua sebanyak 120 mahasiswa dan angkatan ketiga seba­nyak 128 mahasiswa. Para mahasiswa yang mem­butu­hkan atau kurang mampu diberikan beasiswa melalui BAZNAS Solsel.

“Apabila ada pelajar tamatan SMA di Solsel yang ingin kuliah tapi ter­kendala keuangan, pemkab Solsel akan membantu. Kita berharap lulusan ini mampu mengaplikasikan keterampilan yang mereka miliki ditengah - tengah masyarakat.”tandasnya.

Sementara, Walinagari Lubuk Malako, Riono Pen­dri menyebutkan melalui program pemerintahan na­ga­ri ia berusaha mendorong masyarakat serta tokoh masyarakat untuk men­dukung setiap kegiatan yang berdampak positif terhadap perkembangan AKN yang ada di Lubuk Malako.

“Kami sudah lama men­dambakan berdirinya se­buah kampus pendidikan tinggi di kampung halaman kami ini sehingga apapun kegiatan postif kami akan upayakan,”tutupnya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Mei 2017 - 21:54:30 WIB
    Potret Kemiskinan

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Potret pendidikan di Indonesia masih menjadi sorotan, terutama terkait dengan kemiskinan. Hal ini masih dapat ditemui, salah satunya di Padang Gubalo, Korong Ladang Laweh, Kenagarian Sicinci.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 04:35:43 WIB

    Satpol PP Siap Antisipasi Maraknya Gepeng

    SOLOK, HALUAN — Satuan Polisi Pa­mong Praja (Satpol PP) Kota Solok siap mengantisipasi anak jalanan, gelandangan dan pengemis musiman yang datang ke Kota Solok menjelang lebaran nanti sehingga Kota Solok tidak dibanjiri an.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]